Pendidikan

Analisis Kritis Permendiknas Tentang Standar Buku

Analisis Kritis Permendiknas Tentang Standar Buku

  1. Pengertian Analisis kritisPermendiknas tentang standar buku.

Menurut etimologi analisis kritis terdiri dari dua kata yaitu analisis dan  kritis .  Menurut kamus besar bahasa Indonesia, analisis artinya penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.Sedangkan kata kritis artinya tajam dalam menganalisa, suka melontarkan kritikan-kritikan.[2]

Menurut Pius Partanto dan M. Dahlan Al Barri, analisis artinya sifat uraian, penguraian, kupasan.

Sedangkan kritis artinya tajam/tegas, teliti dalam menanggapi atau memberikan penilaian.[3]

Dari pengertian  di atas dapat disimpulkan bahwa analisis kritis Permendiknas tentang buku artinya kajian mendalam, penilaian yang tajam terhadap Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang buku pegangan guru dan buku siswa dalam kegiatan pembelajaran.

Buku sebagai salah satu sumber belajar merupakan  suatu unsur sarana pendidikan yang turut mempengaruhi prestasi belajar siswa.  Oleh karena itu dalam Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003,  padabab XII pasal 45 ayat 1 disebutkan bahwa : setiap satuan pendidikan formal  dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidikan sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, social, emosional dan kejiwaan peserta didik.

  1. Permendikbud dalam kajian .

Untuk menindak lanjuti UU RI Nomor 20 Tahun 2003, maka Pemerintah menetapkan peraturan menteri sebagai berikut :

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran  dan Buku Panduan Guru Untuk Pendidikan Dasar dan  Menengah.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014  tentang Pembelian Buku Kurikulum 2013 Oleh Sekolah.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 78 Tahun 2014  tentang Pembayaran Buku Kurikulum 2013 Oleh Sekolah Yang dibiayai  dari Dana Bantuan Operasional Sekolah dan Bantuan Sosial Buku.

sumber :

https://situsiphone.com/seva-mobil-bekas/