ASAS ASAS OTONOMI DAERAH
Pendidikan

ASAS ASAS OTONOMI DAERAH

ASAS ASAS OTONOMI DAERAH

ASAS ASAS OTONOMI DAERAH

Asas – asas otonomi daerah perlu sebagai dasar bagi pelaksanaan otonomi daerah dan hal ini termasuk salah satu hal utama bagi pelaksanaan otonomi daerah. Perlu nya diterapkan asas – asas ini terhadap beberapa hal yang sesuai serta banyaknya manfaat dari pelaksanaan otonomi daerah ini. Asas otonomi daerah di Indonesia memiliki 3 asas utama.

1. ASAS DESENTRALISASI

Asas desentralisasi merupakan pemberian wewenang pemerintahan oleh pemerintah pusat kepada pemerintahan daerah untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahannya dalam sistem negara kesatuan republik Indonesia sesuai dengan wilayah nya sendiri. Jenis asas desentralisasi banyak dipakai dalam pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.

Asas desentralisasi memiliki beberapa kelebihan yaitu membantu pemerintahan pusat dalam mengurus negara dengan sebagian tugas pemerintahan pusat di serahkan kepada pemerinathan daerah, jika terjadi masalah di suatu daerah pemerintahan daerah dapat bertindak cepat tanpa menunggu keputusan pemerintahan pusat dan lain lain.

Asas desentralisasi juga memiliki beberapa kekurangan yaitu dapat timbulnya ke egoisan untuk mengembangkan daerahnya sendiri, struktur pemerintahan akan menjadi lebih rumit karena terjadi berbagai macam perbedaan dan tingkatan koordinasi antar daerah, Anggaran dana Indonesia dapat membesar di karenakan kesenjangan dana belanja antar daerah.

2. ASAS DEKONSENTRASI

Asas dekonsentrasi merupakan penyerahan wewenang yang di laksanakan oleh pemerintah pusat kepada pemerintahan daerah. Contoh asas dekonsentrasi seperti Gubernur kepada bupati, dari bupati kepada kepala kecamatan, dan sebagainya. Pelaksanaan asas dekonsentrasi harus sesuai dengan undang – undang yang telah di tetapkan oleh negara.

Asas dekonsentarsi hanya memberikan wewenang pada sektor administrasi, tidak ada penyerahan wewenang dalam sektor politik, tetap di di pegang oleh pemerintahan pusat. Hal ini dapat mempermudah kinerja pemerintah pusat agar dapat mewujudkan target dengan lebih baik dan mempermudah menyelesaikan suatu masalah di suatu daerah dengan cepat.

Asas Dekonsentrasi memiliki beberapa kelebihan yaitu menjaga kesatuan dan kesejahteraan masyarakat di suatu daerah karena adanya sistem politik di dalam daerah, dapat mengatur serta mengawasi perangkat pelaksana dekonsentrasi, pengawasan serta komunikasi langsung antara rakyat dan pemerintahan pusat dapat dilakukan lebih intens.

3. ASAS TUGAS PEMBANTU

Asas terakhir yaitu asas tugas pembantu atau bisa disebut juga dengan medebewind merupakan pemerintahan daerah yang membantu pemerintah pusat atau pemerintah yang lebih tinggi tingkatannya untuk menyelenggarakan negara atau daerah serta tugas – tugas yang di berikan oleh pemerintahan pusat kepada pemerintahan daerah.

Hal ini akan menguntungkan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia serta memudahkan pemerintahan dan dapat menjaga hubungan diantara pemerintahan pusat dan pemerintahan daerah. Setiap tugas yang diberikan pemerintahan pusat yang ditujukan kepada pemerintahan daerah harus di pertanggung jawabkan dan dilaporkan kepada wewenang.


Sumber: https://www.inntrance.net/patchwork-apk/