Aspek Efisien
Pendidikan

 Aspek Efisien

 Aspek Efisien

 Aspek Efisien

Efisiensi waktu dirasa sudah cukup. Karena pada penyampaian materi ini tidak terlalu membutuhkan banyak waktu. Karena pada materi Aqidah Akhlak tidak begitu banyak materi

Demikian uraian analisis dari silabus dan materi dari mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI di Madrasah Aliyah yang telah ditampilkan..

  1. Analisis SWOT Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas XI

Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangkan panjang. Namun, pada kesempatan kali ini analisis SWOT digunakan dalam menganalisa mata pelajaran Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah kela XI. Atau definisi analisis SWOT yang lainnya yaitu sebuah bentuk analisa situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran). Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.

  1. Strength (kekuatan).

Faktor-faktor kekuatan dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI meliputi kompetensi khusus atau keunggulan-keunggulan lain yang berakibat pada nilai plus atau keunggulan komparatif pelajaran tersebut. Hal-hal yang menjadi kekuatan atau kelebihan dari Materi meliputi :

  1. Membentuk watak dan kepribadian umat. Sebab, dengan mempelajariAqidah akhlak kelas XI generasi muda akan mendapatkan pelajaran yang dapat meningkatkan keimanan dan juga membentuk sikap maupun perilaku siswa yang berakhlak baik
  2. Pelajaran Aqidah Akhlak Pelajaran yang dapat meningkatkan keimanan para siswa dan membentuk akhlak yang baik bagi para siswa
  3. Pembelajaran Aqidah Akhlak disesuaikan dengan kebutuhan para peserta dan melalui pembaharuan setiap perkembangan zaman. Maka dari itu mata pelajaran Aqidah Akhlak sangat cocok untuk membina karakter bangsa.
  4. Pada materi Aqidah Akhlak di dalam Buku Kurikulum 2013, komponen materi disusun sangat runtut, detail dan disertakan pula potret gambaran yang berhubungan dengan materi yang disampaikan, sehingga siswa akan tertarik untuk membaca buku pelajaran tersebut. Dan disertakan sebuah bagan atau skema (peta konsep) yang bisa memudahkan pemahan siswa.
  5. Dalam Buku Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas XI Kurikulum 2013 menggunakan kalimat yang mudah dipahami oleh siswa dan penjelasan yang sederhana menjadikan siswa tidak merasa kebingungan apabila ingin mempelajari sendiri di rumah.
  6. Di dalam Buku Aqidah Akhlak Madrasah Aliyah Kelas XI Kurikulum 2013 dilengkapi dengan glosarium dan hal tersebut akan membantu siswa ketika menemukan pengertian dari sebuah istilah atau kalimat yang sulit dipahami.
  7. Lembar evaluasi siswa yang lengkap, di dalamnya terdapat lembar mari berdiskusi, latihan menalar dan menggabungkan, siswa diajak untuk aktif pada lembar mari bercerita, terdapat pula lembar mari merenung sejenak yang dimaksudkan agar siswa mampu mengambil ibrah dari setiap peristiwa yang terdapat dalam materi pelajaran, terdapat pula lembar mari merefleksikan diri, yang artinya siswa dituntut mampu mengambil ibrah dan juga mampu menerapkanya pada kehidupan sehari-hari. Dan terdapat lembar mari berlatih yang bertujuan untuk mengasah pemahaman dan ingatan siswa terhadap materi yang telah disampaikan.

baca juga :