Banyak duduk bikin lemak menumpuk dan jantung sesak

Banyak duduk bikin lemak menumpuk dan jantung sesak

Banyak duduk bikin lemak menumpuk dan jantung sesak

 

Banyak duduk bikin lemak menumpuk dan jantung sesak

 

Resiko Terlalu Banyak Duduk

Timbunan lemak di perut dan sekitarnya sudah pasti akan menbal jika seseorang terlalu banyak duduk dan tidak pernah bergerak.Tapi jangan salah,masih ada risiko yang lebih buruk karena tumpukan lemak akan terbentuk juga di jantung.
Dikatakan lebih buruk karena penumpukan lemak disekitar jantung pasti akan mempengaruhi fungsi organ tersebut.Berbagai penelitian mengaitkan lemak di sekitar jantung atau disebut dengan pericardial fat dengan risiko pentumbatan pembuluh darah oleh kolesterol.”(Banyak duduk) Sangat signifikan hubungannya dengan pericardial fat di sekitar jantung,”kata Britta Larsen,a peneliti dari university of california,San diego yang mempresentasikan temuannya dalam pertemuan American Heart Association,seperti dikutip dari Healthday,Jumat (9/11/2012).
Risiko ini tentu lebih buruk dari pada sekedar penampilang atau bentuk tubuh yang tidak ideal ketika lemak hanya menumpuk di sekitar perut saja.bahkan lemak perut sekalipun juga berhubungan dengan sindrom metabolik,yang antara lain bisa menyebabkan diabetes mellitus.

Dalam penelitian Larsen,

memang tidak ditemukan kaitan langsung dengan risiko serang jantung maupun pentumbatan pembuluh darah oleh kolesterol.Namun demikian,perlu diwaspadai karena berbagai penelitian sebelumnya telah menunjukan adanya risiko tersebut.

 

Penelitian sebelumnya juga membuktikan

bahwa olahraga teratur tidak bisa mengimbangi penumpukan pericardial fat selama duduknya masih telalu lama.Olahraga hanya mengurangi visceral fat atau lemak yang ada didalam perut,sehingga satu-satunya cara adalah mengurangi waktu duduk.

 

Berbeda dengan pericardial fat

lemak dalam peru atau visceral fat lebih berkaitan dengan diabetes mellitus serta penyakit-penyakit metabolik.Meski sulit,lemak di perut masih bisa dikurangin dengan olahraga teratur dan akan lebih optimal.

 

Baca Juga Artikel Lainnya: