Pendidikan

   Biaya Produksi

   Biaya Produksi

Biaya produksi merupakan salah satu bagian dari keseluruhan biaya dalam pemanfaatan sumber daya alam dan energi. Barnett dan Morse (1963) menggunakan biaya produksi per unit untuk perumusan hipotesis kelangkaan dan hipotesis kelangkaan lemah untuk melihat apakah memang telah terjadi kelangkaan sumber daya alam dan energi. Hipotesis kelangkaan kuat menyatakan telah terjadi kenaikan biaya per unit ril hasil ekstraktif. Sedangkan hipotesis kelangkaan lemah menyatakan telah terjadi kenaikan biaya per unit hasil ekstraktif dibanding biaya per unit hasil bukan ekstraktif. Sektor ekstraktif yang dimaksudkan adlaah penjumlahan sektor-sektor pertanian, kehutanan, mineral dan perikanan. Hasil pengamatan Barnett dan Morse menunjukkan hanya sektor kehutanan yang nyata-nyata menunjukkan kenaikan biaya atau hipotesis kelangkaan kuat dan hipotesis kelangkaan lemah untuk sektor kehutanan tidak ditolak.

  1. Elastisitas Substitusi Masukan Lain terhadap Sumber Daya Alam dan Energi

Dalam teori fungsi kita mengenal adanya substitusi masukan yang memungkinkan kekurangan salah satu masukan digantikan oleh masukan lain, baik kekurangan itu disebabkan oleh tidak adanya/langkanya suatu masukan maupun karena mahalnya suatu masukan. Contohnya dapat dilihat pada sektor pertanian di mana masukan air bisa dihemat dengan penambahan masukan tenaga kerja untuk bagian pengontrolan atau penambahan masukan modal melalui perbaikan saluran atau sistem irigasi.

Barnet dan Morse menambahkan 4 macam indikator kelangkaan yang bersifat parsial, yaitu:

1)      Bertambahnya kelangkaan sumber daya alam dan energi akan menggeser modal dan tenaga kerja suatu negara dari kegiatan bukan ekstratif ke ektrsaktif.

2)      Kelangkaan akan menaikkan nilai keluaaran ekstraktif dibanding keluaran total pada herga berlaku.

3)      Penggunaan sumber daya alam dan energi akan semakin ekonomis dengan semakin langka dan mahalnya sumber daya alam dan energi.

sumber :

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/