Bumbu Kemiri Cara Lain Mengolah Daging
Umum

Bumbu Kemiri Cara Lain Mengolah Daging

Bumbu Kemiri Cara Lain Mengolah DagingBumbu Kemiri Cara Lain Mengolah Daging

Mengolah daging itu gampang-gampang susah. Apalagi kalau jumlahnya hanya sedikit. Cukup direbus kemudian dicampur ke dalam sayur sup atau sayur asem. Bisa juga dicampur dengan tahu dan tempe untuk dibuat semur.

Masalahnya kalau jumlah daging yang dimiliki jumlahnya banyak. Biasanya usai hari raya Idul Adha seperti ini. Stok daging bisa berlebihan. Sampai bingung mau dimasak apa? Dibuat semur sudah, direndang juga sudah.

Dibuat dendeng, digiling untuk toping spaghetti dan lain-lain. Semua resep sudah dicoba. Sementara stok daging masih banyak. Dimasak apa lagi dong?

Daripada bingung mari coba resep yang satu ini. Namanya daging bumbu kemiri. Sebenarnya resep ini sudah tidak asing lagi. Namun jarang dimasukkan ke dalam daftar menu sehari-hari. Bukan karena tidak menarik. Hanya saja resep dasar bumbu kemiri ini tidak pedas. Jadi perlu tambahan sambal jika Anda penggemar pedas.

Bumbu kemiri memang lebih diutamakan untuk mereka yang tidak suka pedas. Olahan daging bumbu kemiri sekilas mirip rendang. Hanya saja warnanya bukan cokelat kehitaman seperti rendang. Karena tidak menggunakan cabai.

Tidak pedas ini yang membuat daging bumbu kemiri bukan pilihan menu utama para ibu. Hanya keluarga yang tidak suka pedaslah yang menggemari menu ini. Keluarga kami salah satunya.

Bukan karena kami keluarga Jawa yang menyukai masakan manis. Kebetulan sebagian besar anggota keluarga kami memiliki gangguan pada lambung, jadilah tidak berani makan makanan yang pedas. Maka menu daging bumbu kemiri menjadi favorit keluarga kami.

 

Berikut ini cara membuat daging bumbu kemiri ala keluarga kami.

Bahan-bahan:
– Daging yang sudah diiris tipis
– Santan
– Bumbu dapur
– Bawang merah dan putih
– Lada
– Kemiri
– Garam
– Kecap

Cara membuat:
– Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe dan lada serta garam secukupnya.
– Tumis sampai harum dan beri air secukupnya.
– Masukkan irisan daging berikut bumbu dapur lainnya. Lengkuas, daun salam dan daun jeruk.
– Biarkan mendidih sampai daging terasa empuk
– Masukkan santan saat daging sudah empuk
– Aduk sampai daging benar-benar empuk dan kuah mulai berkurang
– Tambahkan kecap bagi yang suka
– Hidangkan sesuai selera
– Taburi bawang goreng bagi yang suka

Mudah bukan? Kami menyebutnya rendang Jawa. Karena mirip rendang tetapi rasanya cenderung manis. Jika ingin rasanya lebih pedas bisa menambahkan bubuk lada halus di atasnya. Daging bumbu kemiri pun lebih terasa aroma bumbunya. (EP)

 

POS-POS TERBARU