Cara Budidaya Udang Vaname Secara Intensif Yang Baik

Cara Budidaya Udang Vaname Secara Intensif Yang Baik

Cara Budidaya Udang Vaname Secara Intensif Yang Baik

Cara Budidaya Udang Vaname Secara Intensif Yang Baik
Cara Budidaya Udang Vaname Secara Intensif Yang Baik
Cara Budidaya Udang Vaname Secara Intensif – Siapa yg tidak tahu hewan perairan yang terasa sangat enak dan gurih ini , bagi yang suka tentunya. Karena banyak juga orang yang tidak dapat menikmatinya lantaran alergi pada udang. Ada beragam tipe udang didunia ini , satu diantaranya udang vaname (litopenaeus Vanamee). Udang Vaname yaitu tipe yang banyak diminati oleh beberapa petani pembudidaya. Lantas , bagaimanakah bila Anda pingin budidaya vaname secara intensif? Nanti kita bakal membahasnya. Udang tipe ini banyak dibudidayakan dikarenakan mempunyai banyak kelebihan tidak sering dimiliki tipe lain. Buat ukurannya juga lebih besar hingga bikin orang lebih tertarik membelinya. Dari sisi harga juga pun lebih mahal.

Harus Paham Akan Udang Vannemei

Saat sebelum mengulas selanjutnya tentang cara budidaya secara intensif , Anda butuh mengetahui kelebihannya di banding yang lain. Udang vaname lebih tahan pada serangan penyakit dan pertumbuhannya juga relative cepat (saat pemeliharaan cuma 100-110 hari). Beberapa orang menduga bahwa udang vaname cuma dapat dibudidayakan secara intensif tetapi sebenarnya budidaya vaname secara tradisional juga dapat dilakukan. Hal pertama perlu Anda cermati untuk cara budi daya udang vaname itu yaitu konstruksi tambak mesti kedap air dan tak gampang longsor. Dan , tamak mesti mempunyai pintu masuk , dalam pengertian keluar secara terpisah hingga Anda mesti mengecor pematang dengan kemiringan 45-60 derajat dan di buat central drain untuk pengumpulan kotoran.

Perbandingan Budidaya Udang Vaname Secara Intensif

umpan ikan bawal – Cara budidaya secara intensif memiliki jumlah tempat dengan perbandingan 4 : 6 yang bermakna 40% diperlihatkan untuk petak tendon dan 60 persen bekasnya untuk petak pemeliharaan kotoran udang. Cara budidaya super intensif adalah budidaya semakin maju di banding tehnologi intensif. Untuk tehnik intensif , air didalam kolam sebaiknya mengalir dengan deras , arusnya sejumlah 29-39 liter per detik , ditujukan 1 hektar tambak. Untuk 5 hektar tambak bermakna jumlah debet air , dikalikan 5. Manfaat membuahkan air yang banyak jadi diperlukan pompa. Sedang fungsinya aerator yaitu untuk menaikkan jumlah kandungan oksigen didalam air dengan kisaran meraih 5-10 ppm.

System Budidaya Udang Vaname Secara Intensif

Cara budidaya secara intensif adalah sistem budidaya dengan aplikasi tehnologi cukup maju. Satu hal utama perlu Anda cermati benar yaitu kandungan gas yang ada didalam tambak. Kehadiran bekas pakan udang dan kotoran udang bakal membuahkan gas amoniak dan H2S (Hidrogen Sulfida). Makin tinggi kandungan ke-2 gas itu bakal beresiko jelek untuk kesehatan dan perubahan udang. Kandungan amoniak teratas yaitu 1 ppm. Tetapi udang bisa mentolerir hingga 1 , 6 ppm. Untuk menyerap gas beracun dan amoniak baiknya taburkan wonderstone , zeolite , dan zeoplankton.
Cara budidaya udang vaname intensif itu memanglah sedikit tidak sama dengan budidaya galah secara intensif ataupun tradisional , lebih rumit. Sistim budidaya secara intensif bakal membuahkan limbah banyak di banding tradisional hingga bisa mencemari lingkungan. Karenanya , dianjurkan Anda cuma memakai beberapa tempat (50% tempat) sedang bekas tempat dipakai untuk pemeliharaan secara tradisional.