Cara mematikan Update Windows 10
Teknologi,Umum

Cara Mematikan Update Driver di Windows 10 / 8 / 7

Cara Mematikan Update Driver di Windows 10 / 8 / 7

Update driver memang penting, terutama untuk menjaga agar perangkat keras yang kita gunakan di komputer kita tetap bekerja dengan baik dan kompatibel dengan versi terbaru sistem operasi kita. Namun ada beberapa hal yang kadang memaksa kita untuk mematikan update, salah satunya karena update tersebut ternyata lebih banyak dampak buruknya dari pada baiknya.
Misalnya, update driver malah membuat komputer atau laptop kita Blue Screen, atau yang sering juga disebut Blue Screen of Death (BSOD). Hal ini sangat sering terjadi, terutama setelah update Windows 10. Cara mengatasinya, kebanyakan adalah dengan memblokir update tersebut agar tidak di download atau di instal lagi di masa mendatang. Ada beberapa cara untuk bisa memblokir Windows Update, yaitu:

Melalui Control Panel

Salah satu caranya bisa melalui Control Panel. Pergi ke Control panel > Advanced System settings > tab Hardware > Device Installation settings. Disana kamu bisa menghentikan update agar tidak menginstal otomatis. Jika ditanya Do you want to download driver software and realistic icons for your devices?, pilih No, let me choose what to do. Setelah itu simpan.

Melalui Group Policy Editor

Selain dari Control Panel, bisa juga melalui Group Policy Editor. Di Windows 10, cari “gpedit.msc” dan enter (ikon search Windows 10 ada di samping ikon Windows). Navigasi ke Computer Configuration > Administrative Templates > System > Device Installation > Device Installation. Di bagian RHS, double klik Prevent Installation of Devices not described by other policy settings. Atur ke enabled kemudian klik Apply / OK.

Melalui Registry Windows

Bisa juga menggunakan registry Windows menggunakan kunci:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\DriverSearching
Set nilai SearchOrderConfig ke 0 untuk memblokir update driver. Mengembalikannya ke 1 akan memperbolehkannya mendownload driver. Setelah itu, restart komputermu.
Semua cara diatas bisa kamu lakukan untuk memblokir Windows Update agar tidak memperbarui driver laptop atau komputermu.