Cara Menanam Stroberi dalam Pot

Cara Menanam Stroberi dalam Pot

Cara Menanam Stroberi dalam Pot

Cara Menanam Stroberi dalam Pot
Cara Menanam Stroberi dalam Pot

A. Sipat-sipat Tanaman Stroberi

Selama ini masyarakat salah mengartikan buah stroberi. Buah berwarna merah berbentuk kerucut dengan rasa asam manis yakni reseptakel (jaringan dasar bunga) yang mengalami pembesaran. Sementara itu , buah bahwasanya yakni biji-biji kecil atau buah kerdil yang berwarna putih yang disebut achene (asen). Achene ini menempel pada reseptakel.

B. Syarat Tumbuh Tanaman Stroberi

Daerah tumbuh yang dibutuhkan setidaknya memiliki ketinggian lebih dari 600 m dpl.
Suhu udara berkisar 22—25° C pada siang hari dan 14—18° C pada malam hari. Kelembapan berkisar 80—89%.
Menyukai penyinaran penuh selama 8—10 jam sehari.

C. Memilih Bibit Stroberi

Benih stroberi dapat diperoleh dengan cara generatif dan vegetatif. Berikut penjelasannya.
Perbanyakan generatif yang dimaksud yakni menggunakan benih stroberi yang mampu diperoleh di toko pertanian. Selanjutnya , benih disemai sampai menumbuhkan beberapa helai daun. Setelah itu , pindahkan bibit ke polibag atau pot.
Perbanyakan vegetatif dilakukan dengan membelah stolon dan anakan. Stolon merupakan perpanjangan tunas yang tumbuh secara horisontal. Sementara itu , anakan merupakan rumpun dari tanaman induk yang mampu dipisah. Stolon dan anakan ini selanjutnya ditanam pada media dan wadah yang baru.

Baca Juga: https://berkebun.co.id/cara-mengawinkan-ikan-cupang/

D. Menanam Stroberi di Polibag Besar atau Karung

Siapkan karung plastik berukuran 25—50 kg atau polibag dengan ukuran serupa.
Masukkan media tanam berupa pasir , kompos , dan tanah dengan perbandingan 1 : 2 : 3. Baiknya , sebelum dimasukkan ke dalam karung , media dikukus terlebih dahulu supaya steril. Buat empat lubang di adegan tepi media tanam dengan jarak antarlubang sekitar 20 cm. Sementara itu , di adegan tengan media juga diberi lubang untuk ditanami pupuk kimia , menyerupai urea sebanyak 15 gram , SP-36 10 gram , dan KCl 20 gram. Aplikasinya diberikan 1 ,5 bulan sekali. Lepas bungkus polibag pada bibit stroberi , lalu tanam di keempat lubang yang telah dipersiapkan sebelumnya. Siram media menggunakan air seperlunya , lalu letakkan tanaman di daerah terbuka yang menerima pencahayaan cukup. Jika penanaman lebih dari satu karung , atur jarak antarkarung sekitar 40 cm.