Cara Perawatan Harian Tabulampot Stroberi
Perkebunan

Cara Perawatan Harian Tabulampot Stroberi

Cara Perawatan Harian Tabulampot Stroberi

 

Cara Perawatan Harian Tabulampot Stroberi
Cara Perawatan Harian Tabulampot Stroberi

a. Penyiraman

Tanaman stroberi termasuk tanaman yang tidak tahan kering. Untuk itu , sebaiknya penyiraman dilakukan secara rutin dua kali sehari , terutama pada ekspresi dominan kemarau. Jika masuk ekspresi dominan penghujan , penyiraman dilakukan saat media tanam terlihat kering.

b. Pemupukan

Pemupukan mampu dilakukan seminggu setelah tanam. Pupuk yang diberikan berupa campuran Urea 2 sendok teh , TSP 1/2 sendok teh , dan KCl sebanyak 1/2 sendok teh per pot. Selanjutnya , saat tanaman berumur 2 bulan , dosisnya berubah. Urea 1/2 sendok teh , TSP 1 sendok teh , dan KCl 1 sendok teh per pot. Selain ketiga jenis pupuk tersebut , berikan juga pupuk NPK 15-15-15 dengan dosis 25 gram (sekitar 1 sendok makan) per pot yang dilarutkan dalam1 liter air.

c. Pemangkasan

Pemangkasan pada tanaman stroberi berlaku pada tiga adegan tanaman , yakni daun , stolon , dan bunga.
Pemangkasan daun dilakukan bila daun terlalu rimbun atau daun terserang penyakit. Tujuan pemangkasan daun yakni untuk mengefisienkan tanaman dalam melaksanakan fotosintesis , serta meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen.
Pemangkasan stolon bertujuan untuk meningkatkan produktivitas tanaman. Perlakuan ini biasanya diterapkan pada penanaman stroberi dengan teknik hidroponik dan wadah karung (polibag).
Pemangkasan bunga pada stroberi juga perlu dilakukan. Pasalnya , bunga stroberi tumbuh berumpun. Bunga yang dipelihara sebaiknya hanya bunga primer , sekunder , dan tersier. Selain bunga tersebut sebaiknya dipangkas sebab hanya menghasilkan buah berukuran kecil.

Baca Juga: https://berkebun.co.id/budidaya-jamur-tiram/

d. Penggantian Media

perawatan storberi
Penggantian media mutlak diharapkan bila media sudah terlihat memadat , akar banyak keluar dari wadah tanam , dan pertumbuhan tanaman melambat , bahkan mogok berbunga. Komposisi media yang digunakan sama dengan media sebelumnya.

e. Penyiangan

Karena tanaman stroberi sulit bersaing dengan gulma , maka penyiangan mutlak diperlukan. Caranya , cabut dan buang gulma yang tumbuh di sekitar tanaman stroberi sesering mungkin. Pasalnya , selain sebagai inang bagi hama dan penyakit , gulma juga mampu mengganggu pertumbuhan tanaman.