Definisi Keluarga Bahagia
Pendidikan

Definisi Keluarga Bahagia

Definisi Keluarga Bahagia

Definisi Keluarga Bahagia
Definisi Keluarga Bahagia

a. Definisi keluarga

1) keluarga inti (nuclear family); 2) keluarga batih (extended family)

Keluarga adalah

rumah tangga yang memiliki hubungan darah atau perkawinan atau menyediakan terselenggaranya fungsi-fungsi instrumental mendasar dan fungsi-fungsi ekspresif keluarga bagi para anggotanya yang berada dalam satu jaringan.

1) Keluarga inti (nuclear family)

Keluarga inti adalah keluarga yang didalamnya hanya ada tiga posisi sosial. Yang terdiri dari : suami (ayah), istri (ibu), dan anak (sibling). Struktur keluarga yang seperti ini menjadikan keluarga sebagai orientasi untuk anak. Yaitu keluarga tempat ia dilahirkan. Pada umumnya keluarga inti di bangun berdasarkan ikatan perkawinan, oleh karena itu ketika sepasang manusia menikah maka akan muncul keluarga baru.

2) Keluarga batih (extended family)

Adalah keluarga yang didalamnya menyatakan posisi yang lebih luas di banding keluarga inti, keluarga batih dibangun berdasarkan hubungan antargenerasi bukan antarpasangan. Bentuk-bentuk keluarga batih, yaitu :

Baca Juga: Fungsi Lembaga Keluarga

a) Keluarga bercabang (stem family)

Bentuk keluarga ini terjadi apabila seorang anak, dan hanya seorang, yang sudah menikah tetapi masih tinggal di rumah orang tuanya

b) Keluarga berumpun (lineal family)

Bentuk keluarga ini terjadi apabila lebih dari satu anak yang sudah menikah tetapi masih tinggal bersama kedua orang tuanya.

c) Keluarga beranting (fully extended)

Keluarga ini dapat terjadi apabila didalam sebuah keluarga terdapat generasi ke tiga (cucu) yang sudah menikah tetapi tetap tinggal bersama.