Dinas Dikbud Maluku Gelar Seminar Sehari

Dinas Dikbud Maluku Gelar Seminar Sehari

Dinas Dikbud Maluku Gelar Seminar Sehari

 

Dinas Dikbud Maluku Gelar Seminar Sehari
Dinas Dikbud Maluku Gelar Seminar Sehari

 

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei,

Hari Pattimura 15 Mei dan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku menggelar Seminar Sehari, berlangsung di Manise Hotel Rabu (25/5).

Kadis Dikbud Provinsi Maluku dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Dinas Drs. Hadi Sulaiman, M.Si mengatakan, sejarah merupakan jati diri bangsa dan Bangsa Indonesia merupakan hasil proses sejarah yang panjang.

Dalam sejarah terkandung nilai yang mendalam bagi kehidupan individu,

anggota masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Sejarah merupakan hal penting yang selalu diingat, serta menjadi modal guna pemgambilan keputusan baik masa kini mapun yang akan datang, namun terkadang sejarah tidak dibarengi dengan pemahaman yang baik dimasyarakat.

Pemerintah sebagai penanggung jawab dapat memberikan ruang baru bagi pendidikan sejarah, guna perkembangan pendidikan sejarah dan sebagai alat menanamkan rasa kebanggaan terhadap anak didik.

Tujuan dari seminar ini adalah untuk memperkenalkan kembali sejarah

Maluku dan nilai-nilai kulturalnya, sebagai kekuatan dalam menjawab tantangan masa depan, karena dalam realitanya sejarah dan adat budaya Maluku telah diabaikan oleh generasi penerus pada hal ini sangat penting untuk mengenal jati diri, serta pembentukan sikap dan karakter.

Ketua panitia pelaksana W. de Kock, S.Pd melaporkan, tujuan seminar memperingati 3 event penting guna melestarikan nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dimasyarakat, menanamkan pegetahuan yang benar terkait proses sejarah masyarakat Maluku, mengintegrasikan nilai keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta membangun kemampuan generasi muda mengintensifkan jati diri dan jati diri Bangsa.

Peserta yang mengikuti seminar ini sebanyak 150 orang terdiri dari sejarawan, guru mata pelajaran IPS tingkat SMP dan SMA se-Kota Ambon, perwaklan mahasiswa FKIP Unpatti dan perwakilan siswa SMP dan SMA di Kota Ambon.(TM04)

 

Baca Juga :