Pendidikan

 Efektifitas dan Efisiensi Peraturan Pemerintah Tentang Standar Buku

 Efektifitas dan Efisiensi Peraturan Pemerintah Tentang Standar Buku

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 tentang Buku Teks Pelajaran  dan Buku Panduan Guru Untuk Pendidikan Dasar dan  Menengah.

Pasal 1 ayat 1 : Menetapkan buku teks pelajaran  sebagai buku siswa yang layak digunakan dalam pembelajaran tercantum dalam lampiran I  yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari peraturan menteri ini.

Pasal 1 ayat 2 : Menetapkan buku panduan guru  sebagai buku guru yang layak  digunakan dalam pembelajaran  tercantum dalam lampiran II yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan  dari peraturan menteri ini.

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014  tentang Pembelian Buku Kurikulum 2013 Oleh Sekolah.

Pasal 1  : ayat 3 ; penyedia buku adalah pemenang lelang buku kurikulum 2013  yang melakukan kontrak  dengan lembaga kebijakan  pengadaan barang/jasa  pemerintah.

ayat 4 ; e-katalog adalah system informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis, nama penyedia dan harga buku.

 Pasal 6 : ayat 1; dana pembelian buku-buku kurikulum 2013 untuk SD dan SMP pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 bersumber dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  dan Dana Bantuan Sosial  Buku di Provinsi yang telah dikirim ke sekolah.

                Ayat 2;  dana pembelian buku-buku kurikulum 2013 untuk SMA dan SMK pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 bersumber dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 78 Tahun 2014  tentang Tata Cara Pembayaran  Buku Kurikulum 2013 Oleh Sekolah Yang Dibiayai  Dari Dana Bantuan Operasional Sekola dan Bantuan Sosial Buku.

Pasal 2 bagian d;  sekolah menyetorkan/mentransfer uang pembayaran buku ke rekening bank yang ditetapkan penyedia  atau sekolah membayar secara tunai  kepada pihak penyedia  bagi penyedia buku yang menyediakan  pembayaran secara tunai.

sumber :