Pendidikan

Faktor- Faktor Pemberian Diskon

https://islamuswest.org/2020/06/11/seva-mobil-bekas/Faktor- Faktor Pemberian Diskon


Diskon  diberikan dengan tujuan tertentu baik hal tersebut menguntungkan bagi perusahaan maupun konsumen. Ada beberapa pendapat yang mengatakan mengapa diskon diberikan dan faktor-faktor yang menyebabkan supermarket dan departement store memberikan diskon kepada konsumen.
Kotler (dalam Mariana, 2009:54) berpendapat bahwa diskon diberikan karena beberapa faktor, yaitu:
1) Barang akan segera digantikan oleh model yang lebih baru
2) Ada yang tidak beres dengan produk ini sehingga mengalami kesulitan dalam penjualannya
3) Perusahaan mengalami masalah keuangan yang gawat
4) Harga akan turun lebih jauh lagi apabila harus menunggu lebih lama
5) Mutu produk ini oleh perusahaan diturunkan
Sedangkan menurut Rewolg (dalam Mariana, 2009:54) faktor- faktor pemberian discount adalah sebagai berikut:
1) untuk mengikat pembeli
2) menguntungkan beberapa langganan
3) memberikan nilai ekonomis pada masyarakat
4) merubah pola pemberian
5) memancing pembeli untuk membeli dalam kuantitas besar

4.3 Pengaruh Diskon Terhadap Daya Tarik Konsumen

 

Manusia terbuka terhadap banyak stimuli atau rangsangan seperti sentuhan, suasana, warna, aroma, rasa dan lain-lain. Stimuli tersebut dapat kita terima melalui indera kita. Rangsangan atau stimuli ini akan menarik perhatian konsumen terhadap keberadaan suatu produk. Karena itu pemasar harus mengadakan sesuatu yang khusus sebagai stimulasi untuk menarik perhatian konsumen.
Menurut Kotler yang di kutip oleh Benyamin Molan (2007:299) perusahaan-perusahaan menggunakan alat promosi penjualan untuk memperoleh tanggapan pembeli yang lebih kuat dan lebih cepat. Untuk memahaminya para pemasar harus mengetahui kegunaan, persepsi, preferensi, dan perilaku belanja pelanggan sasaran mereka. Seluruh alat-alat promosi penjualan sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Promosi penjualan merupakan suatu rangsangan yang dapat menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian lebih banyak lagi.
Sebagai komunikator (spokesperson), daya tarik merupakan hal yang penting. Penampilan fisik yang menarik dari suatu produk menjadi salah satu bagian dari daya tarik. Konsumen akan cenderung membentuk kesan positif dan lebih percaya pada yang disampaikan oleh penjual dengan penampilan fisik yang menarik. Daya tarik adalah,suatu kekuatan yang membuat orang lain mempunyai perhatian khusus terhadap sesuatu yang memiliki daya tarik, daya tarik sering disebut juga dengan daya pikat.

sumber :

5 Cara Membeli Seva Mobil Bekas Dengan Fitur Pilihan Expert