Formulir Laporan

Formulir Laporan

Formulir Laporan

Formulir Laporan
Formulir Laporan
Formulir laporan terdiri dari tiga aspek, yaitu:
  1. Paragraf pertama sama dengan laporan audit, kecuali merujuk pada jasareview, bukan jasa audit.
  2. Paragraf kedua menyatakan bahwa telaah terutama yang berisi tanya jawab dan prosedur analitis, ruang lingkupnya kecil dibandingkan dengan audit, dan tidak ada opini yang dikeluarkan.
  3. Paragraf ketiga menunjukkan assurance terbatas, dalam hal assurance negatif, bahwa “kami tidak memperhatikan adanya modifikasi material yang harus dilakukan terhadap laporan keuangan.”

 

Tanggal pada laporan telaah merupakan tanggal pada saat auditor menyelesaikan tanya jawab dan prosedur analitis.
Kesalahan dalam Mengikuti GAAP
Jika dalam laporan telaah tersebut klien tidak mengikuti GAAP, maka laporan harus dimodifikasi. Laporan ini harus dapat mengungkapkan dampak dari perbedaan seperti yang telah ditentukan oleh manajemen atau prosedur telaah akuntan. Bahkan jika dampak tersebut belum ditentukan, pengungkapan harus muncul pada laporan paragraf terpisah.
“Kami telah menelaah neraca pada PT Arahan Jitu tanggal 31 Desember 2007 serta laporan laba/rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan aliran kas yang berkaitan untuk tahun yang berakhir untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan Pernyataan Standar Jasa Akuntansi Publik Indonesia. Semua informasi  yang dimuat dalam laporan keuangan adalah penyajian manajemen (pemilik) PT Arahan Jitu.
Telaah terutama terdiri atas permintaan keterangan kepada pejabat perusahaan dan prosedur analitis yang diterapkan atas data keuangan. Telaah mempunyai ruang lingkup yang jauh lebih sempit dibandingkan dengan lingkup audit yang dilakukan sesuai standar audit yang ditetapkan Institut Akuntan Publik Indonesia dengan tujuan untk menyatakan pendapat atas laporan keuangan secara keseluruhan. Oleh karena itu, kami tidak memberikan pendapat semacam itu.
Berdasarkan telaah kami, tidak terdapat penyebab yang menjadikan kami yakin bahwa laporan keuangan yang kami sebutkan di atas tidak disajikan sesuai prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia”
Seperti yang telah diungkapkan dalam catatan X atas laporan keuangan, prinsip akuntansi yang berlaku umum mngharuskan bahwa tanah dinyatakan sebesar biaya perolehan. Manajemen telah mengiformasikan kepada kami bahwa perusahaan telah menyatakan tanahnya sebesar nilai taksiran dan bahwa, jika prisnip akuntansi yang berlak umum telah diikuti, maka akun tanah dan ekuitas  seharsnya turun sebesar Rp 500.000.000,00.
Review/Telaah Atas Informasi Keuangan Interim Untuk Perusahaan Publik
Lima syarat auditor dalam penugasan jasa peninjauan, sebagai berikut:
1. Memperoleh pemahaman atas prinsip akuntansi dalam industri klien.
2. Memperoleh pemahaman atas klien.
3. Melakukan tanya jawab tentang manajemen.
4. Melakukan prosedur analitis.
5. Mendapatkan surat representasi.
Pada perusahaan public tidak dapat dijadikan dasar assurance tingkat tinggi untuk menyatakan pendapat. Biasanya, auditor tidak melakukan pengujian pada pencatatan akuntansi, konfirmasi independen atau pemeriksaan fisik. Terdapat perbedaan antara dua jenis telaah dibeberapa area seperti:
  1. Karena audit tahunan juga dilakukan untuk perusahaan publik, maka auditor harus memperoleh informasi yang memadai tentang pengendalian internal klien, baik untuk informasi keuangan tahunan maupun internim.
  2. Demikian pula, karena klien diaudit setiap tahun, maka pengetahuan auditor terhadap hasil audit juga digunakan dalam mempertimbangkan ruang lingkup dan hasil dari Tanya jawab dan prosedur analitis untuk telaah.
  3. Menurut PSAR, auditor melakukan Tanya jawab mengenai pertemuan antara pimpinan perusahaan pemegang saham bagi perusahaan publik, auditor harus membaca notulensi pertemuan mereka.
  4. Auditor juga harus memperoleh bukti bahwa informasi keuangan interim telah sesuai dengan pencatatan akuntansi dalam telaah interim perusahaan publik. Contohnya, auditor dapat membandingkan informasi keuangan interim ke buku besar.

Sumber : https://ekonomija.org/