Pendidikan

 Hasil Wawancara Implementasi Bimbingan Konseling Dengan Kepala Sekolah

 Hasil Wawancara Implementasi Bimbingan Konseling Dengan Kepala Sekolah

         Pada hari Jum’at, 13 Januari 2017 jam 09.00 WIB mewawancarai Kepala MI Alkhoiriyyah II Karangpawitan. Dan kami mengajukan beberapa pertanyaan yang mengenai bimbingan konseling di MI Alkhoiriyyah II Karangpawitan, hasil wawwancara yang kami lakukan  tersebut sebagai berikut.

         Di MI Alkhoiriyyah II Karangpawitan tidak ada guru bimbingan khusus, semuanya diserahkan kepada wali kelasnya masing-masing untuk menangani masalah-masalah yang muncul dalam pembelajaran. Jika ada siswa yang bermasalah dengan sikapnya, maka wali kelas akan memanggil orang tuanya untuk membicarakan tentang anaknya tersebut dan diminta untuk membimbing dan menasehatinya saat dirumah agar kelakuan siswa tersebut tidak terulang lagi. Jika ada siswa yang intelegensinya rendah, disini guru langsung membimbingnya dengan cara mengulang-ulang pembelajaran dan jika seterusnya siswa tersebut tidak bisa juga, maka guru tersebut langsung melanjutkan pembelajarannya. Alasan guru harus mengambil tindakan tersebut, supaya siswa-siswa yang lain tidak akan ketinggalan pembelajaran.

         Guru melihat pemahaman siswanya terhadap materi yang telah diajarakan, melalui tes berupa soal. Jika dari hasil tes tidak memuaskan, maka guru akan membuat remedial. Setelah itu jika masih ada anak yang masih belum paham juga dengan materi yang diajarkan, maka disini guru akan mengundang orang tua siswa tersebut kesekolah untuk membicarakan tentang anaknya yang mempunyai kendala dalam pembelajaran. Disini guru meminta orang tuanya untuk lebih memperhatikan kegiatan belajar anaknya saat dirumah.

         Kepala sekolah mengatakan “upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas sekolahnya adalah dengan cara mengembangkan bakat-bakat yang ada pada siswanya misalnya dalam kegiatan Ekstrakurikuler. Dalam kegiatan ini kepala sekolah meminta kepada setiap guru wali kelas untuk memilih siswa yang berbakat dalam kegiatan tesebut. Dengan begitu siswa-siswa yang ada disekolah MI Alkhoiriyyah II Karangpawitan dapat mengembangkan bakat dan prestasinya dalam bidangnya masing-masing”.

sumber :

https://www.ram.co.id/seva-mobil-bekas/