INTERAKSI ORANG DENGAN SITUASI

INTERAKSI ORANG DENGAN SITUASI

INTERAKSI ORANG DENGAN SITUASI

INTERAKSI ORANG DENGAN SITUASI
INTERAKSI ORANG DENGAN SITUASI

Memahami serta menganalisis pengaruh situasi dalam proses pembelian barang , banyak dan konsumen yang di pengaruhi oleh variasi dari situasi lain yang sesuai dengan keadaan mereka saat itub .

PENGARUH SITUASI YANG TIDAK TERDUGA

Bagaimana seseorang mengerti akan potensi dari pengaruh situasi yang tak terduga yang dapat merusak keakuratan ramalan yang didasarkan pada maksud pembelian , yang tadinya dia tidak mau embeli barang  tapi karena suatu hal jadi membeli barang tersebut .

 

PEMBAHASAN CONTOH KASUS

Misalkan ketika seseorang sedang berpergian dengan jarak perjalanan yang jauh menggunakan motornya untuk menuju daerah atau provinsi tertentu, tentu dia akan membawa persedian makanan, tapi hanya untuk 1 hari paling lama dan seterusnya dia harus membeli makanan yang ada dijalan, memang secara harga pasti akan mahal dari biasanya, namun harus dipertimbangkan bahwa dia juga bukan berada ditempat yang biasa, dari situlah seseorang tersebut akan mempertimbangkang situasi/ kondisi dimana dia berada.

Dan mau tidak mau dia harus membeli makanan tersebut walaupun harganya mahal dibandingkan ditempat lain. (situasi pembelian)

Pada saat musim dingin biasanya orang-orang akan menggunakan pakaian musim dingin atau baju hangat, berbeda halnya dengan seseorang yang pergi ke tempat yang beriklim tropis dan hangat, pasti akan ada perbedaan dalam hal penggunaan pakaian.

 

Orang yang pergi ke tempat tropis seperti pantai

pasti akan menggunakan pakaian yang tidak terlalu tebal. Disitulah dapat kita lihat pengaruh tempat dan iklim akan mempengaruhi seseorang dalam hal pemakaian barang.(situasi pemakaian)

Ketika seseorang sedang membutuhkan informasi, maka orang tersebut pasti akan mencari informasi yang dia butuhkan, baik itu melalui komunikasi dengan orang lain, melalui media elektronik atau media cetak, semua itu tergantung jenis informasi yang dibutuhkan.

Misalkan seorang mahasiswa ingin membeli laptop, ia pasti akan mencari informasi tentang harga-harga laptop melalui internet, media cetak atau dengan orang terdekat. Selanjutnya mahasiswa tersebut mungkin mendatangi tempat kebutuhan tersebut. Maka ia bisa mengevaluasi hasil dari pertimbangan harga dan merek laptop yang ia inginkan sesuai dengan kemampuannya.(Situasi komunikasi)

 

PENUTUP

Kesimpulan

Dari beberapa contoh yang telah dipaparkan diatas dapat kita lihat dan simpulkan bahwa pengaruh situasi terhadap konsumen, baik interaksi individu dengan situasi maupun pengaruh situasi tak terduga oleh konsumen, sangat berpengaruh terhadap kehidupan seorang konsumen. Karena dari berbagai macam situasi, seorang konsumen dapat menentukan suatu tindakan entah itu pembelian, pemakaian, atau komunikasi yang akan dilakukan.

Sumber : https://pendidikan.co.id/