Islamiyah sebagai Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia

Islamiyah sebagai Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia

Islamiyah sebagai Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia

Islamiyah sebagai Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia
Islamiyah sebagai Upaya Mewujudkan Perdamaian Dunia

 

Apa itu ukhuwah Islamiyah ?

Bagaimana kedudukan dan keutamaan ukhuwah Islamiyah? Pertanyaan tersebut muncul tatkala kita mempertanyakan mengenai kekuatan ukhuwah Islamiyah dalam upaya mewujudkan kerukunan umat beragama. Pertanyaan tersebut menjadi pemicu kali ini. Ahmad Abdul Hadi Syahin, selaku dosen dan tokoh agama, menulis mengenai kekuatan ukhuwah Islamiyah.

Menurut Ahmad, ukhuwah Islamiah (persaudaraan Islam) adalah satu dari tiga unsur kekuatan yang menjadi karakteristik masyarakat Islam di zaman Rasulullah, yaitu: (1) Kekuatan iman dan aqidah; (2) Kekuatan ukhuwah dan ikatan hati; (3) kekuatan kepemimpinan dan senjata.

Dalam islam, ukhuwah Islamiah dinilai sebagai nikmat Allah

Yang merupakan anugerah suci laksana pancaran cahaya rabbani, dipersembahkan untuk hamba-hamba-Nya yang ikhlas dan pilihan. Selain itu ukhuwah Islamiyah adalah pemberian, nikmat, kelembutan, cinta dan kasih sayang yang diberikan Allah dan tidak bisa dibeli dengan uang atau sekedar kata-kata, tetapi diperoleh dari integrasi antara jiwa dan jiwa, ikatan hati dan hati. Oleh karena itu, ukhuwah Islamiyah merupakan karakteristik istimewa dari seorang mukmin yang saleh. Sehingga diharapkan dapat menjadi dasar utama dan landasan bagi terciptanya persaudaraan yang kokoh. Tidak hanya umat muslim semata, tapi juga dengan seluruh umat manusia.

Ukhuwah Islamiah ini diikat oleh iman dan taqwa. Iman juga diikat dengan ukhuwah. Artinya, mukmin itu pasti bersaudara dan tidak ada persaudaraan kecuali dengan keimanan. Jika kita melihat ada yang bersaudara bukan karena iman, maka ketahuilah itu adalah persaudaraan dusta. Tidak memiliki akar dan tidak memiliki buah. Jika kita melihat iman tanpa persaudaraan, maka itu adalah iman yang tidak sempurna, belum mencapai derajat yang diinginkan, bahkan bisa berakhir dengan permusuhan.

Dalam kehidupan umat muslim, ukhuwah Islamiyah mengambil andil yang sangat penting, karena tidak hanya berperan dalam mewujudkan sebuah persatuan umat muslim, melainkan dari ukhuwah lahir banyak keutamaan, pahala, serta sangat berpengaruh positif pada masyarakat dalam menyatukan hati, menyamakan kata, dan merapatkan barisan guna menciptakan suatu kerukunan dan perdamaian umat beragama di seluruh dunia. Selain itu, ukhuwah Islamiyah juga memberikan manfaat bagi individu yang terlibat di dalamnya.

Orang-orang yang terikat dengan ukhuwah Islamiah

memiliki banyak keutamaan, diantaranya: (1) Mereka merasakan manisnya iman; (2) Mereka berada di bawah naungan cinta Allah, dilindungi Arasy Al-Rahman; (3) Mereka adalah ahli surga di akhirat kelak; (4) Bersaudara karena Allah adalah amal mulia dan mendekatkan hamba dengan Allah; (5) Diampunkan segala dosa yang telah diperbuatnya selama hidup.

Namun, tidak hanya keutamaan yang dapat dirasakan oleh setiap umat manusia

Yang terkait di dalamnya. Dalam ukhuwah, juga memiliki syarat dan hak. Kedua substansi tersebut merupakan bagian penting dalam upaya membentuk sebuah ikatan persaudaraan, sehingga dapat terjalin ukhuwah yang positif dan selalu dirahmati oleh Allah swt, serta memberikan dampak yang harmonis dan selaras bagi kehidupan masyarakat. Adapun hak dan syarat dari ukhuwah tersebut yaitu: (1) Hendaknya bersaudara untuk mencari keridhaan Allah, bukan kepentingan atau berbagai tujuan duniawi. (2) Hendaknya saling tolong-menolong dalam keadaan suka dan duka, senang atau tidak, mudah maupun susah. (3) Memenuhi hak umum dalam ukhuwah Islamiah.

Melihat pembahasan di atas, dapat diperoleh informasi bahwa ukhuwah Islamiyah memiliki keutamaan serta hak dan syarat yang merupakan landasan utama dalam langkah menjalin ikatan persaudaraan, serta upaya terpenting guna mewujudkan kerukunan dan perdamaian umat beragama di seluruh dunia. Uraian Ahmad Abdul Hadi Syahin tersebut, dapat dikutip untuk menunjukan bahwa terdapat keterikatan antara kekuatan yang terkandung di dalam ukhuwah Islamiyah sebagai upaya mewujudkan kerukunan dan perdamaian umat beragama di seluruh dunia.

Sumber : https://blog.dcc.ac.id/contoh-teks-ulasan/