Jalin Sinergi Panitia PPDB 2019 di Setiap Sekolah

Jalin Sinergi Panitia PPDB 2019 di Setiap Sekolah

Jalin Sinergi Panitia PPDB 2019 di Setiap Sekolah

Jalin Sinergi Panitia PPDB 2019 di Setiap Sekolah
Jalin Sinergi Panitia PPDB 2019 di Setiap Sekolah

Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 membutuhkan kerja

sama dan sinergitas antarkepanitiaan di setiap sekolah. Hal ini akan membantu kelancaran setiap proses yang dilalui saat PPDB, terlebih melihat animo masyarakat yang ingin mendaftar begitu besar.

Menjalin komunikasi antarguru yang terlibat dalam kepanitiaan menjadi hal utama, seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Bandung dan SMAN 4 Bandung. Sebelum pelaksanaan PPDB, panitia wajib melakukan briefing untuk membahas job desk masing-masing.

Ketua Pelaksana PPDB SMAN 6 Bandung, Teti Ismayati menyatakan, setiap loket seperti informasi, p

engecekan data awal, verifikasi, titik koordinat, dan entri data sudah ada petugasnya masing-masing. “Namun, pada kenyataannya tetap saja ada beberapa loket yang dipenuhi pendaftar. Salah satunya di loket pengecekan data awal. Karena kebanyakan calon pendaftar sudah memiliki berkas maka mereka mengantre cukup panjang di loket tersebut,” ujarnya saat diwawancarai di SMAN 6 Bandung, Jln. Pasir Kaliki No. 51, Kota Bandung, Senin (17/6/2019).

Oleh karena itu, lanjutnya, pihak sekolah mengerahkan petugas lebih banyak di bagian loket pengecekan data awal.

Bahkan, untuk menertibkan dan mengamankan setiap sudut area sekolah, Kepala SMAN 6

Bandung pun ikut turun tangan dan bertindak. “Kami mencoba menenangkan orang tua siswa karena mereka kan ingin anaknya mendapatkan sekolah terbaik. Tentu perlu kesabaran dalam memberikan pengertian yang lebih kepada mereka,” ujar Kepala SMAN 6 Bandung, Isnaeni Zakiah.

Begitupun di SMAN 4 Bandung. Ketua Pelaksana PPDB, Rd. Rina Patriani menyatakan, pihaknya ingin memberikan pelayanan terbaik kepada calon pendaftar. “Maka dari itu, jauh sebelum hari pelaksanaan kami sudah mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan PPDB. Termasuk menganalisis berbagai hal yang mungkin terjadi di hari pertama PPDB,” ujarnya.***

 

Baca Juga :