Jenis-Jenis Pasar Dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Pasar Dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Pasar Dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Pasar Dan Penjelasannya
Jenis-Jenis Pasar Dan Penjelasannya

Pasar Nyata

Pasar nyata merupakan suatu pasar dimana pada pasar tersebut terdapat berbagai macam jenis barang yang diperjualbelikan serta barang tersebut bisa dibeli oleh konsumen. Contoh dari pasar nyata ialah pasar tradisional dan juga pasar swalayan.

Pasar Abstrak

Pasar abstrak merupakan suatu pasar dimana pada pasar tersebut terdapat pedagang yang tidak melakukan penawaran harga benda serta tidak membeli barang secara langsung, namun menggunakan surat dagangan saja. Contoh dari pasar abstrak adalah pasar modal, pasar valuta asing, pasar saham, dan juga pasar online.
Jenis-jenis Pasar Menurut cara Transaksinya

Pasar Tradisional

Pasar tradisional merupakan pasar yang memiliki sifat tradisional dimana terdapat para penjual dan pembeli dapat melakukan kegiatan saling tawar menawar secara langsung. Berbagai macam jenis barang yang di jualbelikan pada pasar ini merupakan barang kebutuhan pokok sehari-hari.

Pasar Modern

Pasar modern merupakan pasar yang bersifat modern dimana terdapat berbagai macam jenis barang yang diperjualbelikan dengan harga yang pas dan dengan pelayanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar modern adalah di mall, plaza, dan tempat yang lainnya.

Jenis-Jenis Pasar Menurut Jenis Barangnya

  • Pasar Barang Konsumsi

Pasar barang konsumsi merupakan pasar yang menjualbelikan jenis barang yang bisa untuk dikonsumsi, dan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

  • Pasar Sumber Daya Produksi

Pasar sumber daya produksi merupakan pasar yang memperjualbelikan tentang faktor-faktor produksi, contohnya : tanah, tenaga ahli, tenaga kerja, dan mesin-mesin.

Jenis-Jenis Pasar Menurut Waktunya

  • Pasar Harian

Pasar harian adalah pasar yang dapat dikunjugi dan melayani konsumen setiap hari. Pasar harian pada umumnya menjual berbagai jenis barang kebutuhan bahan-bahan mentah, kebutuhan produksi, kebutuhan konsumsi, dan kebutuhan jasa. Contoh pasar harian yang ada di indonesia adalah pasar induk cibitung di bekasi, pasar baru di Jakarta, pasar turi di Surabaya dan lainya.

  • Pasar Mingguan

Pasar mingguan adalah pasar yang melayani konsumen setiap satu minggu sekali. Biasanya tempat pasar mingguan terdapat di daerah terpencil yang para penduduknya masih, seperti di pedesaan.

  • Pasar Bulanan

Pasar bulanan adalah pasar yang penyelenggaraannya dilakukan setiap satu bulan sekali, dan biasanya pasar ini terdapat pada daerah-daerah tertentu. Biasanya pada pasar bulanan terdapat pembeli tersebut yang membeli suatu barang-barang tertentu pada pasar itu dan kemudian untuk diperjualbelikan kembali, contoh pasar bulanan adalah pasar hewan.

  • Pasar Tahunan

Pasar tahunan adalah pasar yang penyelenggaraannya dilakukan setiap satu tahun sekali. Pasar tahunan umumnya memiliki sifat nasional dan juga diperuntukkan untuk promosi-promosi terhadap suatu produk yang lagi nge trend atau baru. Contoh pasar tahunan :pecan raya jakarta, pasar pembanggunan, dan lain sebagainya.

  • Pasar Temporer

Pasar temporer adalah pasar yang penyelggaraannya pada waktu-waktu tertentu dan juga pasar temporer dapat diselenggarakan secara tidak rutin. Pada umumnya, pasar ini dibuka hanya untuk merayakan peristiwa-peristiwa tertentu. Contoh pasar temporer adalah Bazar.

Jenis-Jenis Pasar Menurut Keleluasaan Distribusi

  • Pasar Daerah

Pasar daerah adalah pasar yang membeli serta menjual produk di dalam daerah tersebut dan daerah itu menghasilkan menghasilkan produk itu sendiri. Dapat juga dikatakan bahwa pasar daerah melayani permintaan serta penawaran hanya dalam 1 daerah.

  • Pasar Lokal

Pasar lokal adalah definisi dari pasar yang mengadakan transaksi penjualan dan pembelian di dalam satu kota atau tempat dimana produk ataupun barangnya dihasilkan. Pasar local hanya melayani permintaan serta penjualan dalam satu wilayah atau kota tertentu.

  • Pasar Nasional

Pasar nasional adalah suatu pasar yang terbentuk karena ada interaksi permintaan dan penawaran dalam satu negara dimana produk tersebut dihasilkan. Pasar nasional hanya melayani permintaan untuk konsumsi di dalam negeri tersebut.

  • Pasar Internasional

Pasar internasional adalah suatu pasar yang melayani transaksi jual beli atas suatu barang dari berbagai negara.Lingkup dari pasar internasional adalah negara diseluruh dunia.Contoh : Pasar kopi di Santos, Brazil.

Baca Juga: