Umum

Jeruk Nipis dan Belerang

Jeruk Nipis dan Belerang

Belerang terutamanya, sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan panu. Kombinasi kedua bahan ini dapat mengatasi jamur penyebab panu. Tumbuk belerang hingga halus dan potong-potong jeruk nipis. Oleskan belerang tersebut pada bagian kulit yang berpanu melalui potongan jeruk nipis.

Lengkuas

Salah satu bumbu dapur ini juga dapat mengatasi panu di kulit. Sediakan satu buah lengkuas yang masih segar dan kadar airnya banyak. Bersihkan dari tanah-tanah yang menempel. Kemudian, belah lengkuas tersebut dan oleskan pada bagian panu. Lakukan secara rutin setiap hari setelah mandi hingga panu tidak ada lagi.

Bawang Putih

Cara menghilangkan panu menggunakan bawang putih bisa Anda lakukan dengan menghaluskan bawang putih secukupnya kemudian oleskan pada kulit yang berpanu. Lakukan berulang-ulang hingga 3 kali sehari setiap harinya hingga panu menjadi kering dan terkelupas.

Sereh

Sereh juga merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan untuk menambah aroma makanan. Bumbu dapur ini pun dapat mengatasi panu dengan langkah-langkah berikut. Sediakan bagian bawah sereh, bersihkan dan memarkan hingga berair.

Lalu, oleskan batang sereh di bagian yang terkena panu selama 2-3 kali seminggu. Tidak perlu dilakukan setiap hari karena dapat merusak kulit.

Demikianlah beberapa tips dalam mengatasi panu. Tentu akan sangat menyenangkan jika artikel cara menghilangkan panu ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kulit bebas panu, bangkit semangat baru!

Panu adalah salah satu dari berbagai penyakit kulit yang sering dialami semua orang. Panu yang memiliki nama latin Pitriyasis versikolor dapat timbul hampir di seluruh bagian tubuh seperti misalnya pada lengan, kaki, leher, dada, punggung dan bahkan wajah.

Bercak panu bisa berwarna coklat, merah atau putih (pada umumnya adalah putih). Bercak panu timbul karena adanya jamur. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah kulit panu.

 

  • Jarang mandi.
  • Membiarkan kulit dalam keadaan lembab dan berkeringat.
  • Memakai pakaian yang kotor dan lembab.
  • Kurang menjaga kebersihan tubuh.

Baca juga: