Uncategorized

Kebaikan dan keburukan perdagangan internasional

Kebaikan dan keburukan perdagangan internasional

Kebaikan dan keburukan perdagangan internasional

Perdagangan internasional dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Adapun kebaikan-kebaikan perdagangan internasional, yaitu dapat menguntungkan berbagai pihak antara lain:

  1. Negara yang berproduksi melebihi kebutuhan dalam negeri dapat menjualnya (ekspor) dan dari hasil ekspor tersebut dapat digunakan untuk mengimpor kebutuhan-kebutuhan lainnya.
  2. Negara yang berproduksi kurang atau tidak memproduksi sama sekali produk tertentu dapat memperolehnya dari negara lain dengan jalan mengimpor.
  3. Perdagangan luar negeri dapat mempererat persahabatan bangsa.
  4. Perdagangan luar negeri dapat memacu pertumbuhan ekonomi di negara berkembang.
  5. Melalui perdagangan luar negeri dapat terjadi alih teknologi dari negara maju ke negara berkembang.

Disamping beberapa kebaikan di atas terdapat pula beberapa dampak negatif dari perdagangan internasional. Dampak negatif tersebut antara lain :

  1. Perdagangan internasional dapat menyebabkan suatu negara menjadi ketergantungan kepada negara lain.
  2. Negara maju dapat  mendominasi perekonomian negara berkembang.
  3. Perdagangan internasional dapat menjadi jalur kegiatan mata-mata (spionase).
  4. Perdagangan internasional dapat menjadi saluran penetrasi kebudayaan, yang selanjutnya akan mempengaruhi kebudayaan nasional suatu negara.
  5. Perdagangan internasional dapat menimbulkan infiltrasi politik, sehingga dapat mempengaruhi politik dan ideologi suatu bangsa.

Untuk menghindari akibat buruk dari kerja sama ekonomi dan perdagangan dengan negara lain, maka setiap bangsa harus selau waspada dan hati-hati, bagi bangsa indonesia sifat kehati-hatian itu telah dilakukan dengan membekali bangsa ini dengan pandangan hidup yaitu, pacasila, UUD 1945, P 4, wawasan nusantara dan upaya-upaya pembinaan kebudayaan nasional.

  1. Kebijaksanaan-kebijaksanaan perdagangan internasional

Setiap negara menetapkan kebijaksanaan tertentu untuk melindungi dan mewujudkan perdagangan dalam dan luar negerinya. Kebijaksanaan yang banyak diberlakukan dibeberapa negara, antara lain :

  1. Politik Proteksi

Politik Proteksi merupakan kebijaksanaan yang diambil suatu negara dalam bidang perdagangan guna memajukan dan melindungi perdagangan industri dalam negeri.

politik proteksi dilakukan dalam beberapa bentuk kebijaksanaan, seperti :

  1. larangan impor komoditi tertentu,
  2. larangan ekspor komoditi tertentu,
  3. melakukan pungutan pajak impor/pajak ekspor,
  4. menetapkan kuota impor/ekspor,yaitu pembatasan jumlah barang yang boleh di impor/di ekspor dari dan ke negara tertentu.
  5. Pengawasan devisa, yaitu dilakukan oleh bank sentral terhadap pembayaran impor atau penggunaan devisa.

sumber :

LEGO® NINJAGO®: Ride Ninja 9.3.280 Apk Unlocked