KETAHUILAH 4 AMALAN YANG BISA MEMADAMKAN API DI DALAM KUBUR

KETAHUILAH 4 AMALAN YANG BISA MEMADAMKAN API DI DALAM KUBUR

KETAHUILAH 4 AMALAN YANG BISA MEMADAMKAN API DI DALAM KUBUR

KETAHUILAH 4 AMALAN YANG BISA MEMADAMKAN API DI DALAM KUBUR
KETAHUILAH 4 AMALAN YANG BISA MEMADAMKAN API DI DALAM KUBUR

Berikut ini adalah empat amalan yang memadamkan api neraka:

1. Shalat memadamkan api pertama

Shalat merupakan tiang agama yang menjadi ciri utama seorang muslim. Salah satu kewajiban yang memiliki pahala dahsyat adalah shalat. Bahkan, diketahui bahwa seseorang di alam kubur nanti, perkara utama yang akan ditanyakan adalah shalat.

Apabila ibadah shalat seseorang selalu tepat, baik, dan sesuai atas tuntutan Rasulullah maka semua perilakunya juga akan mengikutinya, yakni perilaku baik. Begitu juga sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa shalat dijadikan sebagai indikator perilaku seseorang. Oleh karena itu, dengan ibadah shalat yang baik dan benar maka Allah akan melindungi kita dari panasnya api neraka. Inilah manfaat shalat 5 waktu.

2. Puasa memadamkan api kedua

Puasa adalah ibadah yang memiliki banyak manfaat. Selain sebagai bentuk cinta kita pada Allah dan Rasul-Nya, ibadah ini juga dapat menahan nafsu kita. Dengan puasa, maka kita menahan untuk tidak makan dan minum dari subuh sampai maghrib.

Namun, keutamaan puasa yang sebenarnya adalah menahan nafsu untuk perbuatan-perbuatan yang tidak berguna. Tidak hanya puasa wajib Ramadhan yang dapat kita lakukan. Terdapat beberapa ibadah puasa sunnah yang menambah ridho Allah untuk senantiasa melindungi kita dari api neraka. Hikmah dan manfaat puasa akan didapatkan jika kita melakukannya hanya untuk Allah.

3. Sedekah memadamkan api ketiga

Ibadah yang cukup mudah untuk dilakukan adalah sedekah. Bahkan, senyum sudah dihitung sebagai sedekah. Sehingga sedekah tidak hanya bisa dilakukan bagi orang yang berharta tapi orang yang rendah tingkat ekonominya pun dapat melakukan amalan ini.

Sadarilah, bahwa apa yang kita miliki sekarang ini bukanlah milik kita. Namun, semua ini hanyalah titipan Allah yang pada suatu saat nanti dapat diambil oleh-Nya. Oleh karena itu, apa salahnya jika kita berbagi dengan orang lain yang lebih membutuhkan. Gunakanlah harta benda titipan Allah di jalan Allah pula. Keajaiban sedekah dan istighfar akan menghindarkan kita dari api neraka.

Baca Juga: Kalimat Syahadat

4. Kesabaran memadamkan api keempat

Kita sering mendengar kata kesabaran ada batasnya. Sebenarnya, hal ini tidak benar. Kesabaran tidak memiliki batas tapi yang memiliki batas adalah keimanan orang tersebut. Orang yang beriman maka ia akan memiliki kesabaran dalam menjalani setiap kehidupan, meskipun itu menyusahkan atau menyedihkan.

Sebuah dalil yang terkenal mengatakan bahwa orang sabar disayang Allah. Hal ini benar adanya, Allah menyukai orang yang sabar karena disetiap musibah akan ada keindahan yang lebih jika kita menjalaninya dengan sabar dan ikhlas.

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bagaimana cara untuk memadamkan api neraka. Pastinya, kita tidak ingin menjadi salah satu penghuni neraka karena di dalam neraka akan ada siksaan yang begitu pedih.