Umum

Kisah-kisah tentang keterlibatan penyihir dalam sejarah

Pengertian Sihir, Penyihir dan dimana mereka Sekarang

Di kitab-kitab fiqih, buku-buku hukum Islam dan dalam Al-Qur’an sering kubaca tentang penyihir. Maka terbayanglah olehku seorang nenek tua, jubah hitam keunguan, dan topi lebar yang mengkerucut. Setidaknya itulah gambaranku tentang penyihir yang klasik (entah gambarankunya atau penyihirnya yang klasik).

Kisah-kisah tentang keterlibatan penyihir dalam sejarah

pun menambah penbendaharaanku tentang penyihir. Pada zaman Nabi Musa penyihir berlindung dibalik kekuasaan fir’aun bahkan mereka menjadi kekuasaan penggerak utama roda pemerintahan diatas kekuatan militer. Mereka turut membentuk citra pemerintahan dan kekuasaan fir’aun.
Mereka juga ada pada zaman Nabi Isa dan Muhammad dan mempengaruhi sejarah pada masa itu secara signifikan.
Nabi pernah juga bersabda: “Sebagian dari ucapan yang fasih adalah sihir.”
Lalu timbul pertanyaanku apakah hipnotis itu termasuk sihir, apakah sigil termasuk sihir, apakah sulap trik juga termasuk sihir? Semua pertanyaan itu penting untuk dijawab karena sihir adalah salah satu kegiatan yang haram dan termasuk kedalam syirik dan Allah mengampuni dosa-dosa seluruhnya kecuali syirik. Dan semua itu memaksaku mendefenisikan ulang apa yang dimaksud dengan sihir. So.. The question is ‘what is the magic?’
Sihir adalah salah satu ilmu yang diciptakan Allah dan ada di dunia. Sihir ini ada dan nyata, senyata teori gravitasi, bisa dipelajari seperti kimia dan fisika tapi masih sulit dimengerti seperti astronomi.
Sihir memerlukan penggunanya merapalkan sebuah mantra untuk dapat menggunakannya. Kurasa disinilah letak ilmu pengetahuan belum bisa secara jelas-jelas menerima sihir sebagai salah satu cabangnya. Manusia yang congkak masih kesulitan menerima dengan akalnya bagaimana kata-kata tertentu bisa menimbulkan efek-efek dahsyat diluar hukum alam. Mantra tersebut adalah segel atau kunci untuk memulai sebuah ritual sihir. Anda boleh membayangkan naruto sedang mengeluarkan jurus ninjutsunya. Saya rasa ini bisa dimasukkan jadi cabang ilmu baru, yakni mengenai suatu fi’liyah dan qauliyah tertentu yang bisa menimbulkan efek lebih dari yang seharusnya, salah satu contoh yang saya rasa bisa menjelaskan adalah shalat dan thawaf. Anda pikir mengapa kita harus bergerak dalam suatu aturan tertentu, bacaan tertentu dan niat tertentu. Itu semua pasti memiliki efek luarbiasa dalam hukum fisika (atau metafisika, bagi orang yang belum percaya hal ghaib juga ada fisikanya). Nah tapi bedanya shalat itu diperintahkan sedangkan sihir dilarang.
Lalu darimana datangnya kekuatan dahsyat yang dikunci oleh segel baik berupa gerakan ritual atau mantra itu? Makhluk Ghaib. Saya jawab pertama-tama makhluk ghaib terlebih dahulu. Karena yang mengajarkan sihir pada manusia menurut sejarah adalah kedua malaikat Harut dan Marut. Mereka juga bisa sihir, tapi mereka tidak berdosa karena memang kodrat mereka sebagai malaikat boleh melakukannya (kita saja yang sebagai manusia dilarang karena ini dunianya usaha dan adanya sihir bisa meniadakan kesulitan dan cobaan bagi manusia). Tapi dalam prakteknya di zaman sekarang tidak mungkin malaikat yang membantu manusia untuk menyihir mengingat mereka adalah makhluk yang patuh. Berarti bisa disimpulkan ini adalah ulah jin dan setan.
Daripada terus bertanya apakah sihir benar-benar ada. Apakah sekolah sihir seperti Hogwartz dalam film Harry Potter benar-benar ada lebih baik kita lansung saja membahas.
Hasil gambar untuk sihir

Jadi apa itu SIHIR? SIHIR adalah ilmu yang diciptakan Allah dan diharamkan Allah untuk manusia dengan alasan dan hikmah tertentu, yang bisa mengeluarkan efek dan kekuatan tertentu melebihi yang bisa dibuat manusia di dalam hukum alam (sunnatullah) lewat perjanjian dengan jin atau setan yang dikunci oleh segel baik berupa ucapan atau perbuatan. Selain ilmunya sihir juga diartikan sebagai perbuatan dan efek yang dia timbulkan dengan membuka segelnya.

Sumber: https://bogorchannel.co.id/