Lingkungan Komputasi Modern

Lingkungan Komputasi Modern

Lingkungan Komputasi Modern

Lingkungan Komputasi Modern
Lingkungan Komputasi Modern

  Komputasi Terdistribusi

       Komputasi distribusi membagi kegiatan prosesnya antara dua atau lebih komputer, dengan menggunakan jaringan untuk koneksinya. Komputer – komputer yang terlibat adalah kombinasi dari semua jenis komputer yang terhubung oleh suatu jaringan. Komputasi terdistribusi memungkinkan kerja intra- dan antar organisasi, akses ke banyak data , informasi, dan efisiensi dalam penggunaan sumberdaya komputasi.

       Arsitektur Klien/Server.

       Arsitektur klien/server membagi unit-unit komputasi terdistribusi menjadi dua kategori utama. Klien adalah komputer yang digunakan untuk mengakses sumber daya yang dibagi. Server adalah komputer yang dimasukan dalam jaringan yang sama dan memberi klien berbagai layanan. Arsitektur ini memberikan pengendalian dan keamananan data yang lebih baik dalam lingkungan yang terdistribusi.

       Arsitektur Rekan ke Rekan ( peer to peer )

       Arsitektur Peer to peer adalah sejenis jaringan terdistribusi yang masing masing komputer klien berbagi file atau sumber daya komputer secara langsung dengan komputer lainnya tapi tidak melalui server terpusat. Sistem lebih produktif daripada klien/server karena memungkinkan koneksi secara langsung antar komputer, hingga mengurangi biaya pengaturan jaringan.

Baca Juga :