Lomba Sekolah Sehat Provinsi Jabar Dilaksanakan Pada 16-20 Juli 2018

Lomba Sekolah Sehat Provinsi Jabar Dilaksanakan Pada 16-20 Juli 2018

Lomba Sekolah Sehat Provinsi Jabar Dilaksanakan Pada 16-20 Juli 2018

 

Lomba Sekolah Sehat Provinsi Jabar Dilaksanakan Pada 16-20 Juli 2018

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat

Ahmad Hadadi menerima kedatangan Tim Penilaian Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional Tahun 2018. Pada tanggal 16 s.d. 20 Juli 2018 akan dilaksanakan penilaian Lomba Sekolah Sehat di Provinsi Jawa Barat oleh Tim Pembina UKS Pusat. Dalam hal ini Hadadi mendukung sekali dengan adanya lomba sekolah sehat.

“Program ini sudah menjadi salah satu program kami agar sekolah itu lebih mengedepankan perilaku hidup bersih dan hidup sehat,” ujar Hadadi setelah pertemuan tersebut di Sekretariat TP. UKS Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Doktor Rajiman No.6, Pasir Kaliki, Cicendo, Kota Bandung, Senin, 16 Juli 2018.

Hadadi menyebutkan bahwa salah satu program untuk mendukung sekolah sehat adalah Dinas Pendidikan Jawa Barat mempunyai program UKS

Program ini telah berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan, para dokter dan perawat terlibat ke dalam sekolah. Sehingga poin penting, bahwa tidak hanya guru yang memberikan ilmu dan pengalamannya tetapi bisa melibatkan pemangku kepentingan yang lain termasuk dalam hal kesehatan.

Hadadi juga menambahkan bahwa target budaya bersih dan sehat dapat menyeluruh dan merata

Termasuk sarana prasarana, kamar mandi, toilet, lingkungan, tempat sampah dan sebagainya dapat menunjang perilaku hidup bersih dan sehat. Target ini dicapai dengan cara memberikan edukasi serta perubahan perilaku yang ditanamkan dalam sekolah.

Tim pembina UKS Jawa Barat

Tim pembina UKS Jawa Barat telah membuat media untuk mensosialisasikan dan mengembangkan UKS dalam tautan uksjabar.com. Dari tautan tersebut terdapat kegiatan yang dilakuakn UKS Jawa Barat dalam mendukung program sekolah sehat. Selain tautan tersebut, tim pembina UKS Jawa Barat juga telah meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan Peserta Didik (SIMKESDIK). Aplikasi tersebut berisi tentang laporan tentang kondisi kesehatan peserta didik secara berkala, info untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan.

 

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/