Pendidikan

Macam-macam Metode Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran

Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, terutama dalam pembelajaran sejarah  diantaranya:

1. Metode Ceramah

            Metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan secara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.

a.       Kelebihan

a.)    Guru mudah menguasai kelas.

b.)    Dapat diikuti siswa dengan jumlah yang banyak.

c.)    Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya.

d.)   Guru mudah menerangkan bahan pelajaran berjumlah besar.

b.      Kekurangan

a.)    Membuat siswa pasif.

b.)    Mengandung unsur paksaan terhadap siswa.

c.)    Sukar mengontrol sejauh mana pemerolehan belajar anak didik.

d.)   Kegiatan pengajaran menjadi verbalisme (pengertian kata-kata).

e.)    Bila terlalu lama membosankan.

2. Metode Diskusi

Diskusi merupakan strategi pengajaran yang memanfaatkan interaksi guru-siswa dan siswa –siswa sebagai kendaraan utama untuk mencapai tujuan pembelajaran tingkat tinggi. Strategi ini ditandai dengan menurunnya fokus pada guru, meningkatnya interaksi antarsiswa dan berkembangnya keterlibatan siswa dalam ruang kelas. Didalam diskusi ini proses belajar mengajar terjadi, dimana interaksi antara dua atau lebih individu yang terlibat saling tukar menukar pengalaman, informasi, memecahkan masalah, dapat juga semuanya aktif.

1.) Kelebihan

a.)    Merangsang kreativitas anak didik dalam bentuk ide, gagasan,dan terobosan baru dalam  memecahkan suatu masalah.

b.)    Mengembangkan sikap menghargai pendapat orag lain.

c.)    Memperluas wawasan.

d.)   Membina siswa untuk terbiasa musyawarah untuk mufakat dalam memecahkan suatu masalah.

e.)    Dapat merangsang pemikiran, menantang sikap dan kepercayaan dan mengembangkan skill interpesonal.

f.)     Mendorong siswa berpikir kritis.

g.)    Mendorong siswa mengekspresikan pendapatnya secara bebas.

h.)    Mendorong siswa menyumbangkan buah pikirnya untuk memecahkan masalah bersama.

i.)      Mengambil satu alternatif jawaban atau beberapa alternatif jawaban untuk memecahkan masalah berdsarkan pertimbangan yang seksama.

2.) Kekurangan

a.)    Tidak dapat dipakai dalam kelompok yang besar.

b.)    Peserta diskusi mendapat informasi yang terbatas.

c.)    Dapat dikuasai oleh orang-orang yang suka berbicara.

 

sumbe r:

https://compatibleone.org/block-force-apk/