Mengatasi Rasa Ngilu Pasca Scaling
Pendidikan

Mengatasi Rasa Ngilu Pasca Scaling

Mengatasi Rasa Ngilu Pasca Scaling

Mengatasi Rasa Ngilu Pasca Scaling
Banyak orang yang malas melakukan scaling gigi karena rasa ngilu yang menjadi efek samping pasca scaling ini. Untuk menghindari rasa ngilu yang berlebihan sesaat setelah scaling gigi, hal ini mungkin perlu anda lakukan :

1. Perbanyak Berkumur
Untuk mengurangi rasa ngilu, cobalah untuk sering berkumur. Berkumur sebaiknya dilakukan setidaknya lima kali dalam sehari. Anda juga dapat berkumur dengan mouth wash yang mengandung Chlorhexidine gluconate. Alternatif lainnya adalah campuran dari air daun sirih dan air garam.
2. Minum Air Putih
Setelah scaling, sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi atau teh. Minumlah 8 gelas air putih setiap hari, karena air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah karang gigi.
3. Konsumsi Buah Dan Sayur
Buah dan sayuran mengandung banyak serat dan vitamin. Vitamin bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur yang mampu mengurangi rasa ngilu pasca scaling gigi.
4. Rajin Memeriksa Gigi Ke Dokter Anda
Dengan mengunjungi dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali, akan mudah mengetahui kondisi gigi anda. Dokter pun lebih mudah untuk memberikan penanganan yang tepat.
Rasa ngilu pada saat setelah membersihkan karang gigi mungkin akan tetap timbul, namun biasanya akan hilang setelah dua hari. Jika lebih dari 6 hari Anda masih merasakan sakit, sebaiknya Anda mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

 

Pencegahan

Mencegah penumpukan plak gigi yang bisa menjadi karang gigi bisa dilakukan dengan cara alami, seperti mengurangi konsumsi minuman dengan tingkat asam tinggi atau makanan dengan kandungan gula dan tepung, juga mengurangi merokok. Bisa juga dengan lebih sering mengonsumsi apel atau stroberi, karena dua buah ini sudah terbukti bisa meng

ikis plak gigi yang bisa timbul, bahkan menjaga warna cerah gigi. Menyikat gigi dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur, juga terbukti menurunkan resiko penumpukan plak gigi, bahkan juga membantu mengurangi masalah gigi lainnya.

 

Sumber :

https://callcenters.id/