Pendidikan

Metode Karyawisata

Metode Karyawisata

Metode karya wisata adalah suatu metode mengajar yang dirancang oleh pendidik dan diharapkan siswa membuat laporan dan didiskusikan bersama dengan peserta didik yang lain serta didampingi oleh pendidik, yang kemudian dibukukan.

a.    Kelebihan

a.)    Karyawisata memiliki prinsip pengajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam pengajaran.

b.)    Membuat apa yang dipelajari disekolalebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan di masyarakat.

c.)    Lebih merangsang kreativitas siswa.

d.)   Informasi sebagai bahan pelajaran lebih aktual dan luas.

b.   Kekurangan

a.)    Memerlukan persiapan yang melibatkan banyak pihak.

b.)    Memerlukan perencanaan dengan persiapan yang matang.

c.)    Dalam karyawisata sering unsur rekreasi menjadi prioritas daripada tujuan utama, sedangkan unsur studinya terabaikan.

d.)   Memerlukan pengawasan yang lebih ketat terhadap setiap gerak-gerik anak didik di lapangan.

e.)    Memerlukan biaya yang mahal.

4. Metode Problem Solving

     Metode problem solving bukan sekedar metode mengajar, tetapi merupakan suatu metode berfikir, sebab dalam metode solving dapat menggunakan metode lainnya yang dimulai dari mencari data hingga menarik suatu kesimpualan.

a.    Kelebihan :

a.)    Metode ini bisa membuat pendidikan disekolah lebih relevan dengan kehidupan

b.)    Metode ini merangsang pengembangan kemampuan berpikir siswa

c.)    Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah yang nantinya dapat  membiasakan siswa dalam menyelesaikan masalah

b.   Kekurangan :

a.)    Dalam penggunaan metode ini banyak memakan waktu

b.)    Mengubah kebiasaan siswa yang belajar dengan mendengar dan menerima informasi

c.)    Menentukan masalah yang tingkat kesulitannya sesuai dengan tingkat berpikir siswa

5. Metode Tanya Jawab

     Metode tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab, terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa ke guru. Metode tanya jawab adalah yang tertua dan paling banyak dalam proses pendidikan, baik dilingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah.

a.    Kelebihan

a.)    Pertanyaan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, sekalipun ketika siswa tersebut sedang ribut.

b.)    Merangsang daya pikir dan daya ingat siswa.

c.)    Mengembangkan keberanian dan keterampilan siswa dalam menjawab dan mengemukakan pendapat.

b.   Kekurangan

a.)    Membuat siswa menjadi tegang

b.)    Waktu sering terbuang percuma, ketika tidak ada siswa yang menjawab pertanyaan.

c.)    Pertanyaan tidak bisa merata untuk semua siswa.

baca juga :