NFC Near Field Communication
Teknologi

NFC: Near Field Communication

NFC: Near Field Communication

 

NFC Near Field Communication
NFC Near Field Communication

Teknologi NFC untuk ( Near Field Communication ) bersama-sama kita akan melihat penggunaan utama NFC,

termasuk pembayaran mobile, transportasi umum, dan berbagi file. NFC adalah evolusi teknologi RFID; NFC memungkinkan konektivitas nirkabel yang aman antara dua perangkat, dengan pertukaran data yang terkait. Teknologi NFC, diterapkan pada smartphone atau tablet, memungkinkan: pertukaran informasi antara dua perangkat, benar-benar aman dan cepat, hanya dengan saling mendekati (via peer-to-peer); melakukan pembayaran cepat dan aman dengan ponsel (via HCE).

Kepentingan utama NFC
Pembayaran seluler
Dengan kartu bank hari ini Anda sudah dapat membayar tanpa kontak hanya dengan mendekati terminal pembayaran dan kemudian transaksi dilakukan tanpa memasukkan kartu dan memasukkan kodenya. Saat ini dengan smartphone yang kompatibel dengan NFC, Anda dapat melakukan hal yang persis sama, hanya saja Anda mengganti kartu kredit dengan smartphone dan itu sangat praktis ketika Anda lupa dompet di rumah misalnya, tetapi bisakah semua orang mendapat manfaat darinya? Itu tergantung pada bank Anda dan aplikasi yang Anda gunakan.

Misalnya, pada iPhone yang kompatibel, Anda memiliki pembayaran Apple, yang telah tersedia cukup lama dan kompatibel dengan sejumlah besar bank.

Pada smartphone Samsung yang relatif baru, Anda memiliki Samsung pay, dan lebih umum pada Android, Anda juga memiliki google pay, tetapi pada kedua layanan ini, daftar bank yang kompatibel kurang penting daripada pada Apple pay.

Perbedaan penting lainnya antara ketiga layanan ini, di Apple Pay , dan Samsung Pay , Anda harus menggunakan ID Wajah atau pembaca sidik jari untuk melakukan transaksi terlepas dari jumlah sementara di google play , itu wajib hanya jika Anda melebihi 30 euro. Ada juga PayLib, yang merupakan layanan yang dibuat oleh sekelompok bank Prancis tetapi di sini sekali lagi, ini sedikit rumit karena, misalnya, masyarakat umum belum mengintegrasikannya dengan cara yang sama seperti bank pos atau kredit pertanian, sehingga Pengalaman yang Anda miliki akan bervariasi tergantung pada siapa Anda.

NFC adalah transportasi umum?
NFC-publik

Saat ini, di wilayah Paris, jaringan mobilitas Ile-de-France sedang bereksperimen dengan NFC, tepatnya untuk mengganti tiket metro atau Navigo yang dilewati smartphone, Anda tiba di terminal, mengeluarkan ponsel Anda dan hanya itu. Untuk saat ini, ini hanya bekerja pada smartphone Android dengan oranye atau sosh Sim atau dengan smartphone Samsung yang kompatibel tentu saja dengan operator mana pun, jadi saya memberi tahu Anda bahwa ini bulan Mei 2019, di Paris, kami masih dalam tahap percobaan, masih ada kota-kota seperti Toulouse di mana layanan ini sudah digunakan.

Sayangnya, itu tidak berfungsi untuk iPhone Apple. Apple membatasi NFC-nya sehingga hanya dapat digunakan untuk transportasi umum di kota-kota tertentu di seluruh dunia. NFS juga memungkinkan Anda untuk bertukar file antara dua ponsel pintar berkat Android Beam, Anda memilih file yang dikirim untuk mendekatkan kedua ponsel dan transfer Beam dilakukan dengan aktif dan transfer dengan Bluetooth yang lebih sederhana, di sisi lain, ini sedikit kurang efektif untuk file yang beratnya banyak Anda juga harus tahu bahwa NFC digunakan untuk memasangkan beberapa perangkat di antara mereka.

Kami juga dapat menyebutkan Huawei yang memungkinkan Anda bertukar file antara ponsel cerdas dan komputer Anda dengan mudah dan tentu saja ada banyak kegunaan lain.

Baca atau tulis tag NFC

Tag-NFC

Apa itu tag NFC?
Tag NFC adalah transponder RFID yang beroperasi pada 13,56 MHz. Mereka adalah chip kecil (sirkuit terpadu) yang terhubung ke antena. Chip ini memiliki pengidentifikasi unik dan bagian dari memori dapat ditulis ulang. Antena memungkinkan chip untuk berinteraksi dengan pembaca / pemindai NFC, seperti smartphone NFC. Anda dapat menulis informasi tentang memori yang tersedia dari chip NFC. Informasi ini dapat dengan mudah dibaca (dan dieksekusi) oleh perangkat NFC, seperti smartphone atau tablet. Anda hanya perlu menekan tag dengan perangkat Anda. Lihat daftar smartphone dan tablet yang mendukung NFC. Ukuran dan format. Bentuk tag NFC yang paling umum adalah stiker, yang berisi sirkuit dan antena.

Namun, karena ukurannya yang kecil, tag NFC dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam beberapa media, seperti kartu, gelang, keyring, gadget, dll. Objek yang dilengkapi dengan tag NFC dapat diidentifikasi secara unik oleh kode unik pada chip. Sumber daya Fitur tag NFC yang sangat menarik adalah bahwa tag tersebut tidak memerlukan catu daya langsung, karena tag tersebut diaktifkan secara langsung oleh medan magnet sensor NFC pada ponsel atau perangkat yang membacanya tag kemudian dapat tetap terjebak pada sebuah objek selama bertahun-tahun dan terus berfungsi tanpa masalah. Penyimpanan

Memori tag NFC yang tersedia bervariasi sesuai dengan jenis chip, tetapi umumnya kurang dari 1 kilobyte pada yang paling umum, mungkin tampak seperti batasan, tetapi pada kenyataannya, beberapa byte sudah cukup untuk mendapatkan fungsi yang luar biasa, terima kasih kepada standar NDEF, format data NFC dikodekan oleh Forum NFC. Salah satu fungsi pemasaran yang paling umum, misalnya, adalah pemrograman URL yang merujuk ke halaman web, tag, dengan demikian diprogram, dapat diterapkan ke objek, brosur atau selebaran, dengan fungsi ini mereka terlihat seperti QR Code tetapi memiliki kapasitas data yang lebih besar, yang membuatnya berguna dalam hal laporan dan analisis kampanye.

Selain itu, mereka dapat disesuaikan dengan grafik mereka sendiri dan tidak memerlukan aplikasi apa pun

, setidaknya untuk Android, untuk membaca. Selain itu, memori tag NFC dibagi menjadi beberapa blok, yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi yang lebih kompleks (inventaris, kartu medis, dll.). Pengidentifikasi unik Semua tag NFC memiliki kode unik, yang disebut UID (Unique ID), yang terletak di 2 halaman pertama memori, yang dikunci (tidak dapat dimodifikasi atau dihapus). Menggunakan UID, Anda dapat secara unik mengaitkan tag NFC dengan objek atau orang dan mengembangkan aplikasi yang mengidentifikasi dan berinteraksi dengannya. Informasi apa yang dapat ditulis ke tag NFC? Anda dapat menulis banyak jenis informasi dengan tag NFC. Beberapa di antaranya untuk penggunaan pribadi:

aktifkan / nonaktifkan Wi-Fi
aktifkan / nonaktifkan Bluetooth
aktifkan / nonaktifkan GPS
buka / tutup aplikasi

Baca Juga: