Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Indeks beserta Contohnya

Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Indeks beserta Contohnya

Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Indeks beserta Contohnya

Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Indeks beserta Contohnya
Pengertian, Ciri-ciri dan Jenis-Jenis Indeks beserta Contohnya

Pada buku-buku pelajaran dan pengetahuan umum, pasti dilengkapi dengan halaman indeks. Indeks diperlukan untuk memudahkan pembaca mencari nama, dan istilah yang disebutkan dalam buku.

Membaca Memindai Indeks Buku

Jadi, jika seseorang ingin memeriksa istilah tertentu dalam buku, orang itu cukup membuka halaman indeks, kemudian tinggal mencari letak halaman tentang istilah yang ingin ditemukan tersebut. Halaman indeks terletak paling belakang yaitu sesudah halaman daftar pustaka.

Jenis-jenis Indeks

Pada dasarnya, ada empat hal berikut ini yang dimasukkan dalam indeks buku.

  1. Indeks nama (indeks pengarang). Seperti halnya daftar pustaka, nama orang dalam indeks nama penulisannya tidak dibalik. Akan tetapi, untuk nama orang asing penulisannya
    dibalik
  2. Indeks topik (subjek/istilah). Biasanya, yang dimasukkan dalam indeks topik adalah istilah-istilah yang berhubungan dengan isi buku yang bersangkutan. Jadi, jika buku itu mengenai ilmu bahasa, yang dimasukkan dalam indeks adalah istilah-istilah ilmu bahasa.
  3. Perincian indeks topik. Dalam indeks topik, biasanya terdapat beberapa subjek/istilah yang ada rinciannya. Rincian tersebut merupakan istilah-istilah yang ada hubungannya dengan subjek/istilah yang ada dalam indeks topik tersebut.
  4. Nomor halaman di mana nama, topik, atau rincian dari topik tersebut
    berada.

 

Pengertian Indeks

 Indeks adalah daftar kata atau istilah penting yang terdapat dalam cetakan dan tersusun menurut abjad yang memberikan informasi mengenai halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan.

Indeks disusun secara alfabetis (diurutkan sesuai abjad), dimulai dari A dan diakhiri huruf Z. Jadi, nama orang, topik, dan rincian topik yang dimulai dengan huruf A dikumpulkan menjadi satu.

Setelah itu, disusun berdasarkan urutan huruf nama yang lebih dahulu muncul, begitu seterusnya. Demikian pula dengan nama orang, topik, dan rincian topik yang dimulai dengan huruf B, C, D, dan seterusnya.

Contoh Indeks

Perhatikanlah contoh indeks berikut!

Setelah memerhatikan contoh tersebut dapat diketahui bahwa setiap kali menuliskan indeks pengarang, topik, ataupun rincian topik pasti diikuti dengan penulisan nomor halaman di mana istilah atau nama tersebut berada.

 

Baca Artikel Lainnya: