Pengertian JIBAS, Latar Belakang, Tujuan dan Langkah Kerjanya

Pengertian JIBAS, Latar Belakang, Tujuan dan Langkah Kerjanya

Pengertian JIBAS, Latar Belakang, Tujuan dan Langkah Kerjanya

Pengertian JIBAS, Latar Belakang, Tujuan dan Langkah Kerjanya
Pengertian JIBAS, Latar Belakang, Tujuan dan Langkah Kerjanya

A.PENGERTIAN

JIBAS merupakan singkatan dari Jaringan Informasi Bersama Antar Sekolah. Produk Jibas yang dikelola oleh Yayasan Indonesia Membaca merupakan salah salah satu nominator 5 besar pada INAICTA 2010 lalu untuk kategori e-business for enterprise. Meski tidak berhasil membawa pulang status sebagai pemenang, ide JIBAS untuk dunia pendidikan Indonesia sangat layak untuk diapresiasi.

Jibas, sebagaimana dicantumkan pada websitenya lahir dari visi “kebersamaan untuk kemajuan pendidikan Indonesia”. Visi yang kemudian dibumikan dengan  membangun JIBAS, sebuah jaringan informasi dan komunitas pendidikan  yang bisa mewadahi interaksi dan aktifitas setiap elemen pendidikan dari siswa, guru, orang tua, sekolah,yayasan, pemerintah dan masyarakat umum.  JIBAS berusaha  menggabungkan fitur dan layanan berupa komunitas + konten + informasi + hiburan, yang mirip dengan gabungan antara Facebook + Google + Yahoo + Wikipedia tetapi dengan peruntukan khusus untuk pendidikan Indonesia. Singkatnya, JIBAS diharapkan dapat memfasilitasi kolaborasi antar seluruh pemangku kepentingan pendidikan Indonesia.
Sebagai sebuah platform berbentuk jaringan di dunia Internet, JIBAS dirancang untuk dapat berkembang secara mandiri. Maksudnya, jaringan komunitas ini dapat berkembang dari aktifitas dan interaksi dari setiap anggotanya. JIBAS juga dikembangkan secara terbuka, artinya berbagai pihak dapat ikut serta mengembangkan dan menyediakan layanan pendidikan bagi komunitas yang terbentuk.

Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Salah satu komponen JIBAS yang sudah cukup lama dikembangkan adalah sistem informasi manajemen sekolah yang dapat membantu operasionalisasi sebuah sekolah. Sistem informasi manajemen sekolah yang ada pada JIBAS terbilang cukup lengkap dengan tersedianya modul akademik, keuangan, perpustakaan, pelaporan dan interaksi guru-siswa.

Sistem yang demonya dapat dilihat secara live pada alamat demo.jibas.net ini sudah diimplementasikan dan digunakan dalam operasionalisasi beberapa sekolah, termasuk diantaranya adalah SD, SMP dan SMA Alfa Centauri Bandung. Berdasarkan pengalaman pada sekolah tersebut, tim pengembang JIBAS yang ditemui pada acara puncak INAICTA lalu, yakin bahwa sistem informasi manajemen yang mereka sediakan sudah siap untuk digunakan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia. Apalagi selain gratis dan lengkap, sistem informasi manajemen tersebut dapat diinstall secara independen/lokal di masing-masing sekolah. Pada mode lokal, sinkronisasi data dengan jaringan induk JIBAS dapat ditransfer baik secara online maupun offline.

B.LATAR BELAKANG

Jibas dapat digunakan untuk sebuah jaringan informasi dan komunitas pendidikan  yang bisa mewadahi interaksi dan aktifitas setiap elemen pendidikan dari siswa, guru, orang tua, sekolah,yayasan, pemerintah dan masyarakat umum.  JIBAS berusaha  menggabungkan fitur dan layanan berupa komunitas + konten + informasi + hiburan, yang mirip dengan gabungan antara Facebook + Google + Yahoo + Wikipedia tetapi dengan peruntukan khusus untuk pendidikan Indonesia

C.MAKSUD DAN TUJUAN

1.Mengerti apa itu jibas
2.Mengetahui installation jibas di localhost

D.JANGKA WAKTU

Jangkau waktu yang di butuhkan untuk menginstall jibas kurang lebihnya 10 menit.

E.ALAT DAN BAHAN

1.Laptop
2.File Jibas yang Telah di Download
3.Koneksi jaringan

F.LANGKAH KERJA

1. Koneksikan laptop anda dengan jaringan internet
2. Kemudian Download file jibas > AuraCMS-master.zip
3. Jika sudah ter download ,lalu buka terminal > masukan super user dan password

4. Setelah itu > cd /home/muitdah/ > ls
5. lalu > cd Downloads/ > ls
6. Kemudian > cp jibas.education.community-3.8.zip /var/www/html/
7. lalu > cd /var/www/html/ > ls
8. setelah itu kita unzip > unzip jibas.education.community-3.8.zip > tekan enter

9. Tunggu sampai selesai di unzip.

10. lalu ls > lalu kita ganti nama file nya > mv jibas.education.community-3.8.zip jibas > lalu ls

11. kemudian kita beri hak akses > chown -R www-data:www-data jibas > dan > chmod -R 755 jibas

12. lalu > cd jibas

13. setelah itu > nano include/database.config.php

14.Kemudian akan muncul tampilan di bawah ini > file : include/database.config.php ,lalu ganti ,db_host, db_user dn,  db_name > setelah itu ctrl+alt+T ,tekan Y ,Tekan Enter

15. lalu > nano include/applicatoin.cong.php

16. maka akan muncul file seperti dibawah ini > jika sudah Ctrl+alt+T

17. setelah itu > mysql -u root -p > masukan passworf

19.pada MariaBD [mysql]> quit

18.kemudian > nano /etc/php5/apache2/php.ini

 

20. kemudian > Ctrl + W > cari “asp tags” > tekan enter

21.setelah itu kita “on” kan pada asp_tags (seperti tampilan dibawah ini) ,jika sudah Ctrl + x,tekan Y ,lalu tekan enter

22.setelah itu service apache2 restart

23.Kemudian buka phpmyadmin > localhost/phpmyadmin , maka di database akan muncul data-data jibas.

 

24.lalu buka buka browser > setelah itu > localhost/jibas/jibas/

25.installation jibas telah selesai.

G.KESIMPULAN
Jibas mempunyai banyak fitur dan layanan di dalamnya ,jika kita ingin mengetahuinya kita bisa menginstall jibas dan melihat apa aja yang ada didalam jibas.

Sumber: https://www.kuliahbahasainggris.com/