Pengertian Membaca
Pendidikan

Pengertian Membaca

Pengertian Membaca

Pengertian Membaca
Pengertian Membaca

Membaca adalah

usaha memahami bacaan sebaik-baiknya, jika teks yang dilafalkan maka pembelajarannya jelas dan fasih, tepat intonasi dan penjedaannya, sehingga komunikatif dengan pendengar, dan juga ditandai oleh suatu pemahaman teks. (Amir, 1996:2).
Membaca adalah melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dengan melisankan atau hanya di hati. (Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia, 2002:18).
Membaca adalah merupakan perbuatan yang dilakukan berdasarkan kerjasama beberapa keterampilan, yakni mengamati, memahami dan memikirkan. (Yasin Burhan, 1971:90). Menurut Ronald Barker dan Robert Ekskarpit (1975:155), membaca merupakan penangkapan dan pemahaman ide, aktifitas pembaca yang diiringi curahan jiwa dalam menghayati naskah. Setelah proses yang bersifat mekanis tersebut berlangsung, maka nalar dan intuisi kita bekerja pula, berupa proses pemahaman dan penghayatan. Dengan penghayatan, pembaca berarti telah pula merasakan nuansa naskah sehingga bisa pula melangsungkan perenungan.
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta digunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. (H.G. Taringan, 1985:7). Ahmad S Harja Sujana (1985:3) menyatakan bahwa membaca merupakan kegiatan yang merespon lambang-lambang tertulis dengan menggunakan pengertian yang tepat.

Membaca Teknik

1. Pengertian Membaca Teknik

Ø Drs. Aminudin, M.Pd
Membaca teknik disebut juga oral reading atau membaca lisan. Karena membaca yang dilaksanakan secara bersuara sesuai dengan aksentuasi intonasi dan irama yang benar danselaras dengan gagasan serta suasana penuturan dalam teks yang dibaca. (dalam buku Pengantar Apresiasi Karya Sastra)
Ø Membaca teknis adalah membaca nyaring dengan memperhatikan nada, dinamika dan tempo. ( Kamus Besar Bahasa Indonesia )
Ø Tampubolon
Membaca teknik adalah membaca atau melafalkan tulisan dan memperhatikan tanda baca.Pembaca yang mahir selain berusaha menyatakan pikiran dan perasaan sejelas mungkin dengan menggunakan lambang bunyi,intonasi,keras lambat suara ada variasi kecepatan ujaran.

2. Tujuan Membaca Teknik

Ø Untuk melatih cara membaca yang baik dan benar sesuai dengan kaidah kebahasaan.
Ø untuk menangkap serta memahami informasi, pikiran dan persaan seseorang pengarang atau penulis.
Ø Memberikan guru suatu cara yang cepat dan valid untuk mengevaluasi kemajuan kemampuan keterampilan membaca yang utama, khususnya penggalan kata dan kelompok kata.

Baca Juga: