PENTINGNYA MENCIPTAKAN KEAMANAN PSIKOLOGIS

PENTINGNYA MENCIPTAKAN KEAMANAN PSIKOLOGIS

PENTINGNYA MENCIPTAKAN KEAMANAN PSIKOLOGIS

PENTINGNYA MENCIPTAKAN KEAMANAN PSIKOLOGIS
PENTINGNYA MENCIPTAKAN KEAMANAN PSIKOLOGIS

Anak merupakan sebuah obyek dari suatu proses belajar

pembelajaran yang mana anak punya peran yang sangat penting dalam menumbukan dan mengembangkan kemampuan diri secara optimal. Bakat adalah sebuah kemampun individu yang dibawa sejak lahir yang dengan latihan-latihan akan memperoleh sejumlah pengetahuan-pengetahuan. Bakat seorang anak akan berkembang secara baik, jika anak tersebut punya kemampuan dalam mengenali, mengelola dan melatih serta adanya lingkungan dan kondisi yang mendukung. Betapa banyak kita melihat dilingkungan sekitar kita banyak sekali anak-anak yang berbakat dan berpotensi namun potensi dan bakat mereka tidak tersalurkan secara benar dan membuahkan sebuah prestasi apa-apa. Banyak factor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. Dari itu sangat diperlukan sekali sebuah pembinaan yang baik supaya bakat anak bisa berkembang secara optimal.

 

Upaya-upaya selalu dilakukan oleh orang tua, guru, maupun para pelatih

untuk menghantarkan anak mencapai prestasi yang membanggakan dalam menyalurkan bakat mereka namun masih saja ada sebagain dari anak sulit mendapatkan prestasi yang maksimal. Hal ini perlu dicermati benar-benar bagi orang tua, guru maupun para pelatih, tahukah kita apa yang dirasakan seorang anak, apakah mereka merasa terbebani? Merasa tidak aman?atau takut memalukan orang tua/almamater, perasaan seperti itu mungkin saja terjadi pada diri seorang anak. Betapa sering kita menaruh harapan besar pada diri seorang anak. Misalnya sering kita dengar kata-kata orang tua dalam menasehati anak, “nak kamu harus meraih prestai , karena papa dan mama sudah berusaha, dan mengeluarkan banyak uang untuk memfasilitasi kamu, jangan sampai kamu kalah dengan anak yang biasa saja”. Selain itu sering juga kita melihat pelatih klub yang terlalu menaruh harapan besar pada anak asuhanya, dan kata yang sering kita dengar, “kalian harus menang jangan sampai kalah, sebisa mungkin jangan banyak melakukan kesalahan”.

 

Kalimat-kalimat diatas hanya sedikit dari contoh kalimat

yang pada intinya mereka terlalu menaruh harapan besar pada diri seorang anak. Apakah hal itu dilarang? Tentu saja tidak,namun akan lebih baik jika hal tersebut kita perhatikan, bukan hanya perkataan yang harus kita jaga, namun juga sikap kita sebagai orang tua guru maupun pelatih juga harus kita perhatikan. Jika hal-hal tersebut diatas terjadi, sangat mungkin sekali anak-anak merasa terbebani, yang pada akhirnya mengganggu psikologis  mereka. Dari apa yang dipaparkan diatas, maka dapat dikatakan untuk mencapai sebuah prestasi dalam mengembangkan bakat seorang anak, selain factor pendukung dari keluarga, lingkungan, sarana dan prasarana seorang anak juga memerlukan keamanan psikologis dimana anak tidak merasa dinilai dan merasa terbebani.

Sebagai orang tua, guru, maupun pelatih harus bisa melihat hal ini, mampu meraba apakah anak ini secara mental tidak ada masalah. Karena bisa dipastikan jika anak tersebut mengalami ketakutan,beban pikiran ataupun masalah akan sangat mengganggu pencapaian prestasi atau pengembangan bakat. Dari sini dapat kita cermati bahawa menciptakan kemanan psikologis merupakan hal yang sangat penting untuk mengantarkan anak mencapai prestasi yang maksimal. Upaya-upaya yang bisa dilakukan oleh orang tua, guru maupun pelatih untuk menciptakan keamanan psikologis pada anak adalah sebagai berikut :

Baca Juga :