Perangkat mencetak kulit bioink dan menyembuhkan luka bakar
Teknologi

Perangkat “mencetak” kulit bioink dan menyembuhkan luka bakar

Perangkat “mencetak” kulit bioink dan menyembuhkan luka bakar

 

Perangkat mencetak kulit bioink dan menyembuhkan luka bakar
Perangkat mencetak kulit bioink dan menyembuhkan luka bakar

Pada tahun 2018, para ilmuwan Kanada mempresentasikan perangkat portabel yang “mencetak” lembaran kulit

buatan langsung pada luka pasien dengan luka bakar parah. Mencoba menjelaskan dengan tepat apa yang dilakukan alat itu, peneliti Axel Günther mengatakan itu seperti alat pemasangan film, kecuali bahwa itu tidak menempatkan film plastik tetapi film tisu.

Beberapa hari yang lalu, tim ilmuwan Kanada menerbitkan hasil tes terbaru, dan tampaknya perangkat itu dapat segera digunakan untuk mengobati luka bakar, secara klinis .

Metode yang biasa
Dokter sekarang memiliki beberapa metode untuk mengobati luka bakar parah. Yang paling umum adalah pencangkokan kulit. Selama operasi ini, jaringan yang rusak dihilangkan. Jaringan tersebut kemudian diganti oleh selembar kulit yang sehat, yang telah dikeluarkan dari bagian lain dari tubuh.

Namun, ada beberapa kasus di mana cangkokan bukan solusi yang layak. Contoh yang baik adalah kasus pasien dengan luka bakar yang luas , di mana lapisan atas dan bawah kulit telah rusak. Dalam kasus ini, kulit tidak dapat diganti.

Secara keseluruhan, hampir semua peremajaan kulit dan metode penyembuhan luka bakar memiliki beberapa

kelemahan, menurut Axel Günther. Seperti yang dikatakannya, “pencetakan” langsung kulit baru di lokasi jaringan yang rusak jelas lebih efektif.

Solusinya adalah kulit buatan
Perangkat tim menghilangkan kebutuhan untuk menggunakan cangkok, karena menempatkan strip yang terbuat dari tinta biologis khusus pada kulit yang terbakar, yang mereka sebut bioink . Bioink mengandung protein yang membantu penyembuhan dan stratum korneum mesenchymal, yang membantu sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru.

Dalam tes terbarunya, tim menggunakan perangkat dalam pembakaran penuh pada babi. Mereka mengatakan

hasilnya sangat menggembirakan. Perangkat berhasil menempatkan lapisan bioink pada luka secara merata, aman dan akurat. Selain itu, lapisan bioink tetap di tempatnya, dengan pengecualian perpindahan minimal pada masing-masing kasus.

Akhirnya, luka di mana bioink digunakan dirawat dengan sangat baik dan menunjukkan pengurangan peradangan dibandingkan dengan yang diamati ketika menggunakan metode yang lebih konvensional.

Sumber:

https://zalala.co.id/flexr-pro-apk/