PERKEMBANGAN JANIN
Perikanan

PERKEMBANGAN JANIN

PERKEMBANGAN JANINPERKEMBANGAN JANIN

Ibu yang sedang mengandung sebaiknya tahu perkembangan apa saja yang terjadi di dalam rahimnya. Ibu hamil jangan bersikap cuek terhadap janin yang ada di dalam kandungannya. Sehingga ibu hamil bisa sadar apakah janinnya berkembang dengan sempurna atau tidak. Kondisi janin tidak berkembang dengan sempurna, yakni janin tetap seperti berusia 1 bulan dan tidak ada perkembangan.
Berikut ini perkembangan janin saat usianya memasuki usia 2 bulan :
1- Embrio yang tadinya hanya sebesar kacang hijau atau hanya setitik hitam di dalam kantung kehamilan kini ukurannya lebih besar. Jika anda mengukurnya, panjang embrio sekitar 25 mm sampai dengan 30 mm.
2- Sudah memiliki kepala yang membulat, embrio memiliki wajah yang polos dan juga wajah kekanak-kanakannya mulai muncul.
3- Embrio memiliki dahi yang tertarik dan pangkal hidung tertarik ke bagian dalam.
4- Bagian lengan dan kaki embrio sudah terbagi, embrio sudah memiliki siku dan lengan serta kaki sudah terbagi bagian-bagiannya. Embrio sudah memiliki paha, kaki, lengan, tangan dan juga bahu.
5- Perkembangan janin 2 bulan sudah membentuk organ reproduksi pada embrio. Tidak hanya itu saja kartilago dan tulang pun juga terbentuk.
6- Telinga bagian luar sudah terbentuk deegan sempurna, pigmen bagian mata sudah terbentuk sempurna.
7- Janin sudah bisa mendengarkan meski masih terasa samar.
8- Syaraf otak juga sudah terbentuk, syaraf otak tersebut berhubungan dengan penciuman di otak.
9- Organ jantung sudah mampu memompa dengan kuat dengan irama yang teratur pula. Jantung mampu berdetak selama satu menit sekitar 120 kali per menit.
10- Embrio sudah mampu bergerak, pergerakan embrio ini baru bisa dideteksi menggunakan manfaat USG kehamilan saja. Embrio masih dalam tahap yang ringkih atau lemah, pergerakannya tidak teratur. Jumlah pergerakannya sebanyak 60 gerakan dalam sejamnya.
11- Embrio sudah memiliki perut dan juga rongga dada. Perut dan rongga dada tersebut sudah terpisah, sehingga nampak jelas mana perut dan mana rongga dada.
12- Embrio sudah memiliki otot mata dan bibir bagian atas juga sudah terbentuk.
13- Jaringan yang terbentuk di embrio adalah jaringan kulit, jaringan keringat, jaringan kelenjar dan juga kelenjar minyak.
14- Organ di dalam mulut juga terbentuk, misalnya saja rongga mulut, calon gigi dan juga lidah.
15- Kelaminnya sudah mulai terbentuk meski belum kelihatan jelas.
16- Sel yang berfungsi sebagai pembentuk bulu mata sudah ada dan juga sudah berkembang.
17- Semua organ internal yang ada di dalam tubuh embrio pun mulai terbentuk.

PERUBAHAN TUBUH IBU HAMIL

Tidak hanya psikologis saja yang berubah, namun perubahan fisik pun mulai terlihat saat ibu hamil 2 bulan. Berikut ini perubahan fisik yang harus dikenali oleh ibu hamil saat usianya memasuki dua bulan :
1- Perubahan hormon akan membuat tubuh ibu hamil mengalami perubahan. Perubahan yang paling menonjol adalah di bagian payudara ibu hamil tersebut. Payudara ibu hamil akan mengalami pembesaran, terutama di bagian putingnya. Puting ibu hamil berwarna lebih gelap dan juga membesar.
2- Payudara ibu hamil akan merasakan nyeri dan terasa lebih lembut. Tanda-tanda kehamilan ini terasa jika ibu hamil meraba payudaranya, akan terasa lebih lembut dibandingkan sebelumnya.
3- Ibu hamil akan mudah lelah atau merasakan kelelahan meski tidak melakukan akitivtas yang berat-berat.
4- Ibu hamil mengalami penyusutan energi.
5- Vagina ibu hamil akan lebih sensitif, ditandai dengan bagian vagina yang lebih bengkak dibandingkan sebelum kehamilan.
6- Lendir dan juga cairan vagina akan meningkat, lendir ini akan mencegah vagina dari serangan infeksi dan menjaga kesehatan vagina.
7- Ibu hamil akan merasakan gangguan kehamilan seperti nyeri saat buang air kecil atau ketika berkemih.
Sumber :https://sonymusic.co.id/asus-bawa-adik-zenfone-4-max-pro-ke-indonesia/