Potensi Peserta Didik
Pendidikan

  Potensi Peserta Didik

  Potensi Peserta Didik

  Potensi Peserta Didik

  1. Pengertian

Potensi peserta didik adalah segala yang dimiliki oleh peserta didik yang memungkinkannya untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Pembicaraan tentang potensi peserta didik sering mengalami penyempitan makna dan sering dikaitkan dengan prestasi akademik saja. Sebenarnya, ketika membicarakan potensi, kita membicarakan semua aspek perkembangan peserta didik. Jadi, potensi ini meliputi semua yang dimiliki peserta didik untuk tumbuh dan berkembang dalam aspek kognisi, emosi, dan sosial.

  1. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Potensi Peserta Didik

Menurut Reni Akbar-Hawadi (dalam Lusi Nuryanti, 2008 : 56 ), faktor – faktor yang mempengaruhi perkembangan potensi peserta didik dibagi menjadi dua bagian, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor – faktor yang terdapat dalam diri seseorang. Faktor eksternal adalah faktor – faktor yang berasal dari luar diri individu atau berasal dari lingkungan.

  1. Faktor Internal

1)       Taraf kecerdasan

Taraf kecerdasan menunjukkan kemampuan berpikir anak, kemampuan menggunakan nalar, dan kemampuan memecahkan masalah menggunakan logika. Salah satu cara yang biasa digunakan untuk mengetahui taraf kecerdasan ini adalah dengan melakukan tes kecerdasan atau tes inteligensi.

2)       Konsep Diri

Konsep diri menunjukkan cara seseorang memandang dirinya sendiri dan kemampuannya. Anak yang memandang dirinnya secara positif dan menilai dirinya mampu akan lebih berhasil di sekolah dan dalam kehidupan sosialnya daripada anak yang memandang dirinya sendiri tidak mampu.

3)       Motivasi Berprestasi

Motivasi berprestasi adalah dorongan pada diri seseorang untuk meraih yang terbaik pada bidang tertentu. Motivasi berprestasi yang tinggi akan membuat seorang anak tekun belajar, berusaha menyelesaikan tugas dengan sebaik – baiknya, dan tidak malu bertanya jika kurang paham saat guru menerangkan.

4)       Bakat

Bakat dalam pengertian bahasa atau dalam pengertian yang umum kita pahami adalah kelebihan atau keunggulan alamiah yang melekat pada diriseseorang dan menjadi pembeda antara seseorang dengan orang lain. Seseorang yang berbakat akan memberikan hasil yang jauh lebih baik daripada orang yang sejak awal tidak menyimpan bakat dalam bidang tersebut. Misalnya, siswa yang mempunyai bakat dalam bidang menggambar, hasil gambarnya lebih baik daripada siswa yang tidak mempunyai bakat menggambar.

baca jgua :