SDM IT yang Handal

SDM IT yang Handal

SDM IT yang Handal

SDM IT yang Handal
SDM IT yang Handal

Terkait dengan tulisan bapak Budi Mencari SDM IT yang Handal dan Belajar Bahasa Pemrograman yang mana. Perbandingan beliau 1:20, itu masih merupakan angka maya karena bahkan mungkin tidak ditemukan. Dan juga disebutkan diantara pelamar, dimana pelamar tersebut adalah personal yang merasa mampu menempati posisi yang dilamar. Kalau di ambil lulusan perguruan tinggi bidang IT mungkin perbandingan tersebut bisa 1:200 bahkan lebih kecil lagi.

Namun kita kembali kepada pihak yang membutuhkan, tentunya batasan handal masing-masing tempat berbeda. Asal jangan digunakan kategori handal bila hanya bisa mengoperasikan MS Office karena ini sudah keharusan bahkan sudah dimiliki oleh siswa tingkat sekolah dasar, terutama siswa di kota besar. Jadi bukan lagi hanya orang IT. Yang lebih penting sekarang kita harus keluar dari budaya serba bisa namun bisa hanya sedikit. Untuk itu saya mencoba memberikan batasan minimum yang harus dipenuhi oleh SDM IT tingkat pendidikan setara D3 sbb:

Mengusai salah satu sistem operasi. Di Indonesia yang popular adalah Windows & Linux.
Menguasai Hardware secara umum
Menguasai sistem database dan salah satu aplikasi DBMS. (Oracle, MsSQL, MySQL,…)
Menuasai bahasa SQL.
Menguasai salah satu Web Server (IIS, Apache,…)
Menguasai Bahasa Script minimal HTML, Javascript dan PHP.
Menguasai salah satu Bahasa Pemrograman (VB, Delphi,…)
Menguasai Salah satu popular Tools
Menguasai Akuntansi sebagai kolaborasi utama sistem informasi.
Dukumentasi
Dengan mengusai batasan tersebut di atas, Jadilah anda seorang SDM IT yang berada pada kategori handal di tingkat setara D3. Untuk tingkat S1 ditambah dengan pengusaan design sistem informasi dan Sistem Akuntansi serta Art Design. Sedangkan level yang lebih tinggi lagi hanya berbeda pada level penguasaan. Sangat disarankan untuk benar-benar menguasai salah satu sebelum mencoba yang lain. Kecenderungan pengguna akan migrasi ke Linux dimana Sistem operasi Linux telah menunjukan kehandalannya di dunia maya dan pengembang mulai melangkah ke Aplikasi destop namun itu tidak mudah. Pemakaian Ms Windows masih menguasai dunia IT.Di usulkan Perguruan Tinggi tidak perlu lagi memberikan mata kuliah “Ms Office” karena ini sudah menjadi bagian pendidikan dasar dan menengah sehingga sudah harus dikuasai sebelum masuk ke jenjang perguruan tinggi. Bagi yang kenyataannya masih belum, yang bersangkutan harus mendapat pendidikan profesional diluar bangku kuliah.Perguruan Tinggi dan Mahasiswa bidang IT harus mengikuti Trend Teknologi karena teknologi Informasi berkembang sangat pesat. Jika tidak, bisa jadi apa yang telah didapat dibangku kuliah sudah tidak digunakan lagi. Fakta yang saya hadapi, dulu saya seorang programmer Clipper dan saya begitu yakin dengan kehandalannya bahkan untuk dipakai pada saat ini namun sekarang saya harus migrasi. Disisi Lain dulu saya tidak tertarik sama sekali dengan PHP3 namun sekarang saya harus belajar PHP.

Sumber : https://fascinasiansblog.com/