Sebab Turunya Ayat Zihar
Pendidikan

Sebab Turunya Ayat Zihar

Sebab Turunya Ayat Zihar

Sebab Turunya Ayat Zihar

قَدۡ سَمِعَ ٱللَّهُ قَوۡلَ ٱلَّتِي تُجَٰدِلُكَ فِي زَوۡجِهَا وَتَشۡتَكِيٓ إِلَى ٱللَّهِ

ialah berhubungan dengan persoalan seorang wanitasebagaimana ia tidak boleh menggauli ibunya. menurut adat Jahiliyah kalimat zhihar seperti itu sudah sama dengan menthalak isteri.

zdhihar adalah menyamakan istri yang halal itu jasadnya terhadap jasad ibunya, dzhihar bukan hanya kepada ibunya saja akan tetapi juga terhadap saudara yang haram di nikahinya: seperti kakanya, adexnya dan saudaranya yang haram dinikahinya.

Nah, dzhihar itu hanya di tujukan hanya pada jasadnya saja, jikalau kepada sifatnya, itu tidak termaksud dzhihar, sebagai contohnya: hadist nabi, laaha anti alaiyya kazhohri ummii, artinya punggungmu seperti punggung ibuku, jadi dari hadist tersebut sudah merupakan contoh dari perbuatan dzhihar, intinya jika ditujukan kepada jasad itu sudah merupakan dzhihar, akan tetapi jika di tujukan kepada sifat itu tidak dinamakan dzhihar contohnya: sifatmu seperti sifat ibuku.

  1. Hukum Zhihar

ٱلَّذِينَ يُظَٰهِرُونَ مِنكُم مِّن نِّسَآئِهِم مَّا هُنَّ أُمَّهَٰتِهِمۡۖ إِنۡ أُمَّهَٰتُهُمۡ إِلَّا ٱلَّٰٓـِٔي وَلَدۡنَهُمۡۚ

                        Dari ayat tersebut sudah jelas kita tidak boleh menzhihar istri kita terhadap ibu kita, karena istrimu bukanlah ibumu, karena ibumu hanyalah perempuan yang melahirkanmu, karena mengibaratkan istri terhadap ibu tidak boleh.

  1. Kafarat Zihar

فَتَحۡرِيرُ رَقَبَةٖ مِّن قَبۡلِ أَن يَتَمَآسَّاۚ ذَٰلِكُمۡ تُوعَظُونَ بِهِۦۚ

فَمَن لَّمۡ يَجِدۡ فَصِيَامُ شَهۡرَيۡنِ مُتَتَابِعَيۡنِ مِن قَبۡلِ أَن يَتَمَآسَّاۖ فَمَن لَّمۡ يَسۡتَطِعۡ فَإِطۡعَامُ سِتِّينَ مِسۡكِينٗاۚ

Artinya : Barangsiapa yang tidak mendapatkan (budak), maka (wajib atasnya) berpuasa dua bulan berturut-turut sebelum keduanya bercampur. Maka siapa yang tidak kuasa (wajiblah atasnya) memberi makan enam puluh orang miskin.

      Dari ayat di atas sudah jelas kaffarat bagi suami yang menzhihar seorang istri yaitu memmerdekakan hamba sahaya, dan puasa 2 bulan berturut-turut, dan memberikan makan anak yatim sebanyak 60 orang atau orang miskin.inilah hukuman bagi orang yang menzhihar istri, jadi barang siapa yang ingkar terhadap hukuman tersebut, maka tunggulah azab allah yang sangat pedih.


Sumber: https://ntclibya.com/call-blocker-apk/