Sejarah Kamera Polaroid dari Zaman ke Zaman

Sejarah Kamera Polaroid dari Zaman ke Zaman

Sejarah Kamera Polaroid dari Zaman ke Zaman

Sejarah Kamera Polaroid dari Zaman ke Zaman
Sejarah Kamera Polaroid dari Zaman ke Zaman

Bentuknya yang mini dan dapat menghasilkan foto secara instan menjadi sebuah daya tarik utama dari kamera Polaroid. Tentunya menjadi favorit banyak orang karena efisiensi waktu yang ditawarkannya.

Tapi apakah Sobat Shopee tahu kalau dulunya orang yang menemukan kamera Polaroid adalah pemilik perusahaan produsen barang-barang untuk kebutuhan militer? Masih bingung? Yuk intip sejarah kamera instan yang satu ini dari zaman ke zaman!

 

BERAWAL DARI PERUSAHAAN PRODUSEN KEBUTUHAN MILITER

Didirikan oleh Edwin Land dan George Wheelwright pada tahun 1937, pada awalnya mereka adalah perusahan produsen alat-alat kebutuhan militer seperti kacamata pelindung dari asap, lampu meja hingga rudal pencari panas.

Lalu pada tahun 1948, Edwin merubah bisnisnya dengan menjual kamera instan pertamanya yang dinamakan Model 95 pada 26 November 1948 seharga 89.75 dollar. Kamera instan pertama ciptaan Edwin dapat memproduksi gambar secara langsung dalam kurun waktu kurang dari 60 detik, model 95 inilah yang menjadi prototype dari semua kamera Polaroid yang diproduksi pada jangka waktu 15 tahun setelahnya.

 

HASIL PENJUALAN YANG FANTASTIS

Pada tahun 1949, setahun setelah penjualan model 95, Land berhasil meraup keuntungan lebih dari $5 juta dollar. Warna foto yang dihasilkan oleh polaroid jenis prototype ini adalah sepia, cokelat kemerahan dengan ukuran 8×10,5 cm dengan masa development gambar dibawah 60 detik.

 

Lalu dari tahun 1950 hingga 1954, penjualan polaroid sudah mencapai angka lebih dari 23 juta dollar dan dijual oleh lebih dari 4000 distributor di Amerika Serikat. Kemudian pada tahun 1958, Polaroid yang sudah menjadi produk paten dijual dilebih dari 45 negara yang meliputi kamera, film dan aksesorisnya.

 

SEMAKIN BERINOVASI DENGAN KAMERA INSTAN HINGGA POLACOLOR PERTAMA

Melanjutkan kesuksesannya, Polaroid mengeluarkan Positive/Negative 4×5” film tipe 55, film hitam putih yang mampu memproduksi positif dan negated kemudian langsung disusul oeh Polacolor, film berwarna pertama pada thaun 1963.

 

Kemudian pada tahun 1977, Land mengeluarkan kamera OneStep Land yang merupakan paten ke 500 miliknya hingga mampu menjadi kamera terbaik yang dijual di Amerika Serikat. Naiknya popularitas Polaroid, pada tahun 1983, Polaroid telah mempekerjakan sebanyak 13.402 pekerja dengan angka penjualan mencapai 1.3 miliar dollar dengan lebih dari 1000 paten yang terdaftar di bawah Polaroid.

 

POLAROID SEKARANG

Kesuksesannya yang menjulang tinggi tidak membuat Polaroid berhenti berkarya dengan terus mengeluarkan inovasi kamera instan mulai dari  kamera model 110 yang sudah dilengkapi dengan diafragma pada tahun 1951 hingga film berkecepatan 3000 ASA dengan masa development hanya dalam jangka waktu 10 detik pada tahun 1960.

 

Namun karena berkembangnya teknologi yang sudah ada, minat masyarakat terhadap kamera polaroid menurun drastis karena banyaknya inovasi dengan jenis kamera digital lainnya dan akhrinya Polaroid harus terpaksa mengakui kebangkrutan mereka pada Oktober 2001.

Baca Juga :