Sejarah Perkembangan Baju Korea di Indonesia

Sejarah Perkembangan Baju Korea di Indonesia

Sejarah Perkembangan Baju Korea di Indonesia

Sejarah Perkembangan Baju Korea di Indonesia
Sejarah Perkembangan Baju Korea di Indonesia
Sobat, pasti sering melihat serial drama korea di layar televisi Indonesia kan? Atau berburu kaset DVD serial drama Korea yang menguras tangis dan air mata, hehe. Pada film-film Korea yang kita tonton tersebut, Artis Korea terlihat begitu cantik dengan balutan busana yang sangat cocok mereka pakai. Tidak hanya untuk aktrisnya, aktornya pun memiliki trend fashion tersendiri dan yang pasti bukin ngiri. Tapi tenang saja Sobat, pasalnya trend fashion Korea ini kini sudah mewabah ke bumi Indonesia. Lalu bagaimana sebenarnya Sejarah Perkembangan Baju Korea di Indonesia? Lets check…

Sebenenarnya banyaknya Film Korea yang tayang di Indonesia memiliki andil besar dalam penyebaran Fashion Korea ditanah air

Terlebih dengan kehadiran boy band dan girl bandnya, baju-baju Korea semakin di gandrungi karena keunikannya. Awalnya trend fashion ini hanya berkembang di negaranya saja tepatnya di Seoul.
Namun trend Baju Korea semakin berkembang ke berbagai kota-kota lain di dunia, termasuk di Indonesia. Penyebarannya sendiri bermula dari masuknya baju-baju Korea di kota besar Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Surabaya dan kini merata hampir diseluruh wilayah Indonesia.

Sebenarnya baju ala Korea sudah berkembang sejak tahun 1945

Saat itu pemerintah militer menolak izin perkembangan trend baju tersebut karena dianggap tidak sesuai dengan ekonomi mereka. Tren fashion Korea kemudia vakum beberapa tahun dan kembali bangkit pada era tahun1970-an.
Pada tahun-tahun tersebut para desainer mulai kembali merancang baju-baju dengan bentuk yang unik-unik. Mereka mulai bereksperimen dan memarmerkan hasil karya mereka dihadapan publik.
Ternyata publik menerima kehadiran perkembangan terbaru di bidang fashion ini. Kemudian hal-hal yang berkaitan dengan fashion mulai berkembang secara bertahap. Namun ternyata berbagai kejadian politik dan sosial membuat urusan fashion menjadi terlupakan. Ini termasuk perang, perubahan ekonomi, pemerintah yang berbeda, bifurkasi, dan sebagainya.

Barulah pada tahun 2007 trend fashion Korea mulai bisa diterima secara global

Puncaknya adalah saat globalisasi yang memberikan dampak besar terhadap boomingnya trend fashion Korea di dunia. Selain karena harganya yang murah, designnya yang unik juga menjadi salah satu mengapa banyak orang memilih baju negeri gingseng ini.
Ditambah lagi banyaknya sekolah fashion design disana membuat para mahasiswanya menghasilkan baju-baju Korea dengan berbagai kreasi. Hal ini menyebabkan pertukaran ide-ide yang berdampak pada booming di baju fashion Korea. Kalau ini tidak terjadi, mungkin baju Korea tidak akan menjadi gelombang panas baru di dunia fashion begitu hingga semua aksesoris korea, tas fashion dan lain sebagainya semua yang berhubungan dengan fashion.
Nah Sobat sekarang sudah tahu kan bagaimana Sejarah Perkembangan Baju Korea di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.
Baca juga artikel: