Sinom, Minuman Khas Surabaya Kaya Manfaat
Umum

Sinom, Minuman Khas Surabaya Kaya Manfaat

Sinom, Minuman Khas Surabaya Kaya ManfaatSinom, Minuman Khas Surabaya Kaya Manfaat

Bagi kita yang tinggal di perantauan. Bisa menikmati kuliner khas daerahnya itu sesuatu yang sangat istimewa sekali. Rasanya seperti melepas kangen dengan si dia. Ayem, tentram rosone ati. Eaaaa….

Pokoknya begitulah. Segala upaya dilakukan agar bisa melepas kangen. Begitu juga dengan urusan kuliner. Sebisa mungkin dapat menikmati kuliner khas daerah asal.

Sebagai orang Surabaya yang merantau di Jakarta, kemudian menetap di sini. Saya kerap merindukan rujak cingur, tahu campur dan lontong balap. Jenis makanan khas Surabaya yang tidak mudah ditemui. Sehingga butuh perjuangan untuk mendapatkannya.

Awal-awal tinggal di Jakarta sempat bingung mencarinya. Begitu sudah mengetahui tempatnya tinggal meluncur saja ke lokasi. Cukup jauh dari kediaman saya. Tetapi demi “melepas rindu” dengan makanan khas daerah asal, maka jarak bukanlah penghalang. Bukankah demikian juga saat rindu dengan si dia?

Itu untuk jenis makanan. Lalu adakah jenis minuman yang juga membuat saya kangen Surabaya? Oh, ada. Saya suka sekali dengan es sinom. Sinom? Apaan tuh? Kalau orang Jawa pasti sudah paham apa itu sinom. Tetapi bagi orang di luar Jawa mungkin tidak banyak yang mengetahui sinom ini.

Dokpri

Sinom itu sejenis minuman herbal. Terbuat dari campuran kunyit, asem Jawa, gula Jawa dan daun asem muda. Nah, daun asem muda ini yang disebut sinom. Rasanya segar sekali. Terutama diminum dalam keadaan dingin.

Apa bedanya dengan dengan minuman kunyit asaem? Hampir sama. Hanya saja kalau kunyit asem warnanya lebih pekat. Sedangkan sinom lebih cerah dan segar.

Saya belum menemukan tempat khusus yang menjual sinom di sekitar rumah. Jadi saat ada keluarga yang sedang bertugas atau pergi ke Surabaya, saya pun memesan sinom.

Memang apa manfaat sinom? Seperti minuman herbal lainnya yang memiliki khasiat dan manfaat.

Maka sinom pun demikian. Berikut ini manfaat sinom yang perlu diketahui:

1 . Melancarkan peredaran darah
2 . Mengurangi nyeri saat haid
3 . Mengatasi masalah keputihan
4 . Melancarkan pernapasan
5 . Mengatasi masuk angin
6 . Mengobati sembelit
7 . Antiseptik
8 . Antioksidan alami

Banyak ya manfaatnya. Gimana saya enggak jatuh suka sama kamu. Eh, sama sinom maksudnya. Kalau kamu gimana? Sudah pernah coba belum? Dijamin jatuh suka juga loh! Segar dan berkhasiat soalnya. (EP)

 

Sumber: https://sonymusic.co.id/12-miliar-iphone-terjual-sejak-2007/