Strategi Pembelajaran

Strategi Pembelajaran

Strategi Pembelajaran

Strategi Pembelajaran
Strategi Pembelajaran

Strategi merupakan

usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat diartikan sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular educational goal (J. R. David, 1976). Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pe-manfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertenu.

 

Strategi pembelajaran adalah

cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pengajaran tertentu, meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan yang dapat memberi pengalaman belajar pada siswa.

Kegiatan intruksional yang dilakukan guru beraneka ragam.

Ada guru yang menilai kegiatannya dengan menunggu pertanyaan dari siswa, ada yang aktif memulai dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa, ada pula yang memulai dengan memberi penjelasan tentang materi yang akan diuraikan, dan ada yang memulai mengulangi penjelasan tentang materi yang lalu. Selanjutnya ada yang melanjutkan dengan menjawab pertanyaan siswa, ada membentuk kelompok diskusi atau menggunakan program lain.

 

Istilah stategi pembelajaran menyatakan berbagai jenis aktivitas belajar mengajar, seperti diskusi kelompok, membaca, studi kasus, lembar kerja, proyek kelompok kerja sama, dan lain-lain.

Serangkaian materi pembelajaran yang baik terdiri dari banyak strategi dan prosedur yang umumnya digunakan oleh guru yang baik dengan siswa. Ketika mendesain pembelajaran, penting untuk mengembangkan strategi pembelajaran yang digunakan. Kadar yang memungkinkan pengetahuan yang dimiliki untuk mempermudah proses  pembelajaran.

Adapun tujuan strategi pembelajaran adalah:

  1. mendeskripsikan pemilihan sistem penyampaian pembelajaran
  2. menyusun dan merangkai isi pembelajaran berdasarkan level atau tingkatan
  3. merencanakan komponen pembelajaran dalam strategi pembelajaran termasuk aktivitas sebelum proses belajar mengajar, isi presentasi, partisipasi pembelajar, penilaian, aktivitas yang mengikuti serangkaian tujuan pembelajaran tertentu.
  4. memilih kelompok siswa dan media yang sesuai untuk komponen strategi pembelajaran.
  5. menggabungkan media yang dipilih dan menyeleksi sistem penyampaian.

Sumber : http://pendidikanku.web.unej.ac.id/2019/07/04/latar-belakang-terbentuknya-bpupki/