Teleskop Hubble Adalah

Teleskop Hubble Adalah

Teleskop Hubble Adalah

Teleskop Hubble Adalah
Teleskop Hubble Adalah

20 tahun yang lalu,Sebelum dibangunya teleskop

Ruang angkasa,para astronom dunia jika ingin melihat atau mempelajari bintang dan planet,hanya bisa dilakukan dari permukaan bumi saja.Sehingga dengan jarak pandang yang demikian terbatas,bahkan terhalang atmosfer,mereka harus puas dengan hasil yang bisa dibilang cukup mengecewakan,dengan hanya sedikit saja gambar-gambar dari angkasa yang dapat diperoleh,mengingat keterbatasan dalam hal jarak pandang yang masih belum bisa diatasi.

 

Hal itulah yang melecutkan keinginan para ilmuwan

Untuk membangun sebuah teleskop yang bisa diletakkan di luar angkasa,guna menambah daya jangkauanya agar lebih sempurna dalam mengeksplor citra dari alam semesta raya ini,serta menyelesaikan permasalahan atmosfer yang ada jika pengamatan dilakukan dari bumi.

Nah, untuk itulah teleskop Hubble dibuat,dan berkat teleskop yang diletakkan di orbit bumi inilah sebagian benda angkasa yang mulanya ‘asing’,sudah bisa diidentifikasi para astronom.

 

Sts109-708-038a.jpg

Pada awal mulanya,sekitar tahun 1962, Akademi Sains Nasional Amerika merekomendasikan untuk membangun sebuah teleskop luar angkasa. Dan 3 tahun kemudian ,tepatnya tahun 1977,kongres mulai mengumpulkan dana untuk proyek tersebut. Pada tahun yang sama pula,pembuatan teleskop Hubble segera dimulai. Konstruksinya sendiri berhasil diselesaikan pada tahun 1985,sedangkan diorbitkan pertama kalinya pada 1986.Tetapi karena ada bencana pesawat angkasa Challenger,pengoperasianya ditunda sementara.

Tidak sampai disitu saja,beberapa tahun setelah diopersikan,hubble

Malah mengirim gambar yang buram dan tidak jelas.Akhirnya NASA mengetahui bahwa lensa pada teleskop tersebut bergeser sajauh 1/50mm,yah kira-kira setebal rambut manusia.Pada Bulan Deseber 1993,pesawat ulang alik Endeavor dikirim untuk memodifikasi Hubble dengan menambahkan kamera baru guna memperbaiki kesalahan pada lensa primernya.Dan setelah itu,perlahan-lahan kondisinya mulai nprmal kembali.Untuk pengoperasian,teleskop ini dikendalikan dari Goddard Flightb Center di Greenbelt,Md.Sampai dengan saat ini Hubble telah banyak sekali membantu para Hubble telah banyak sekali membantu para ilmuwan untuk mempelajari dan mengeksplor jagad raya.Seperti contohnya saat menemukan Xena,planet ke-10 di tata surya beserta Gbrielle,satelitnya.Selain itu, Hubble juga banyak mengirimkan gambar-gambar yang menakjubkan tentang kejadian-kejadian di luar angkasa.

Sumber : https://bandarlampungkota.go.id/blog/bpupki-sejarah-anggota-tugas-dan-pembentukannya/