Terbitkan Surat Edaran Libur di Hari Pencoblosan

Terbitkan Surat Edaran Libur di Hari Pencoblosan

Terbitkan Surat Edaran Libur di Hari Pencoblosan

 

Terbitkan Surat Edaran Libur di Hari Pencoblosan

Aparatur Sipil Negara

Aparatur Sipil Negara (ASN) dipastikan libur di hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018, Rabu (27/06/2018) besok. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah menerbitkan surat edaran (SE) terkait hal itu.

Dalam memberikan kesempatan warga untuk menyalurkan hak suara atau hak pilihnya, Pemerintah pusat melalui Peraturan Pemerintah pengganti Undang-undang (Perpu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota, pasal 84 ayat (3) menetapkan “pemungutan suara dilaksanakan pada hari libur atau hari yang diliburkan “.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum

Selain itu, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Sebagai tindaklanjut Perpu Nomor 1 Tahun 2014

Pemerintah Kota Bogor menerbitkan Surat Edaran Wali Kota Bogor No. 270/2053 – Org. Menetapkan Rabu, 27 Juni 2018 sebagai hari libur.

Kota Bogor Ade Sarip Hidayat

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, surat edaran tersebut merupakan kebijakan dari pusat kemudian ditindaklanjuti di setiap daerah.

“Karena itu untuk Camat dan Lurah, sebagai ASN kondisi libur tetap libur. Namun kaitan selaku pengolah Desk Pilkada mereka harus tetap menyampaikan tiga fungsinya, seperti memfasilitasi, mengawasi dan melaporkan kegiatan Pilkada besok,” kata Ade usai Briefing Staff di Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Selasa (26/06/2018) pagi.

ASN Kota Bogor

Untuk itu Ade menghimbau semua ASN Kota Bogor untuk memanfaatkan hak suaranya, jangan sampai tidak dimanfaatkan. Bagi ASN Kota Bogor maupun warga Kota Bogor yang belum memiliki E-KTP, pastikan memiliki Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil dan formulir C6 sehingga bisa digunakan untuk kepentingan Pilkada Serentak Tahun 2018.“Bagi ASN Kota Bogor terkait hal ini mohon diinformasikan juga kepada masyarakat Kota Bogor,” ujar Ade.

Untuk warga Kota Bogor Ade mengajak untuk menggunakan hak suara atau hak pilihnya, manfaatkan hak suara atau hak pilihnya agar Kota Bogor menjadi percontohan dan membuktikan bahwa proses demokrasi berlangsung dengan baik.

 

Artikel terkait: