Pendidikan

Tingkat Permintaan Daging Sapi

Tingkat Permintaan Daging Sapi

              Usaha peternakan sapi potong pada saat ini masih tetap menguntungkan. Pasalnya permintaan pasar akan daging sapi masih terus mengalami peningkatan. Selain di pasar domestik, permintaan daging sapi di pasar luar negeri juga cukup tinggi. Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor daging sapi ke Malaysia.Konsumsi daging sapi di sana cenderung mengalami peningkatan karena bergesernya tradisi mengkonsumsi daging kambing ke daging sapi atu kerbau pada saat perhelatan keluarga dan perayaan hari besar lainnya.

            Indonesia dengan jumlah penduduk diatas 220 jiwa, membutuhkan pasokan daging sapi dalam jumlah cukup besar. Sejauh ini peternakan domestik belum mampu memenuhi permintaan daging dalam negeri.Timpangnya antara pasokan dan permintaan ternyata masih tinggi.Pemerintah (Kementrian Pertanian) mengakui masalah utama usaha sapi potong di Indonesia terletak pada suplai yang selalu mengalami kekurangan setiap tahunnya. Sementara laju pertumbuhan konsumsi dan pertambahan penduduk tidak mampu diimbangi oleh laju pertumbuhan konsumsi dan pertambahan penduduk tidak mampu diimbangi oleh laju penngkatan populasi sapi potong. Pada gilirannya, pada kondisi seperti ini memaksa indonesia untuk selalu melakukan impor, baik dalam bentuk sapi hidup maupun daging.

3

Berdasarkan data Badan Ketahanan Pangan Kementan 2010, konsumsi daging sapi nasional  sebesar 1,27 kg per kapita per tahun, Ditjen Peternakan Kementan sebesar 1,7 kg per kapita per tahun, Asosiasi Pengusaha Importir Daging Indonesia (Aspidi) 2,1 kg per kapita per tahun dan  Asosiasi Feedloter Indonesia (Apfindo) 2,09 kg per kapita per tahun.Selanjutnya Menurut data Susenas (2002) yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), konsumsi daging sapi dan jeroan masyarakat Indonesia sebesar 2,14 kg/kapita/tahun.Tingginya tingkat konsumsi sapi di indonesia disebabkan oleh 1) jumlah penduduk penduduk selalu meningkat dari tahun ke tahun dengan tingkat pertumbuhan sebesar 1,49 % per tahun; 2) konsumsi daging per kapita mengalami peningkatan dari waktu ke waktu sebesar 0,1 kg/kapita/tahun.

            Untuk melihat kebutuhan dan proyeksi kebutuhan daging sapi secara Nasional dapat dilihat pada tabel berikut ini.

baca juga :