Tips Raih Beasiswa LPDP Bagi Daerah Dompu di NTB
Pendidikan

Tips Raih Beasiswa LPDP Bagi Daerah Dompu di NTB

Tips Raih Beasiswa LPDP Bagi Daerah Dompu di NTB

Tips Raih Beasiswa LPDP Bagi Daerah Dompu di NTB
Tips Raih Beasiswa LPDP Bagi Daerah Dompu di NTB

Arif Bulan, alumni peraih beasiswa LPDP

(Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) dan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris STKIP Yapis Dompu di Nusa Tenggara Barat (NTB) membagikan tips meraih beasiswa LPDP kepada peserta kegiatan International Scholarship Workshop and IELTS Simulation Test, di Gedung Dharma Wanita, Kabupaten Dompu, Sabtu (25/1).

Arif menyarankan agar peserta kegiatan workshop tersebut sering mengikuti tes simulasi TOEFL maupun IELTS. Seperti kegiatan yang sedang dihadiri peserta ini. Selanjutnya peserta juga diharapkan mampu mendapatkan nilai bahasa inggris dan sertifikatnya karena itu pintu agar bisa mendapatkan beasiswa-beasiswa bergengsi di dunia, termasuk LPDP.
“Waktu kuliah di Yogya saya mengikuti tes simulasi seperti ini biayanya mahal loh, sampai Rp 2,5 juta,” akunya. Sedangkan kegiatan yang pertama kali dilakukan di Pulau Sumbawa ini terbilang sangat murah karena peserta hanya membayar Rp 65 ribu saja.
PicsArt_01-30-12.00.21.jpg
Arif bulan alumni beasiswa LPDP dari Dompu NTB. Foto: Info Dompu.
Sedangkan bagi mahasiswa Bidik Misi (Beasiswa Pendidikan Mahasiswa Miskin di jenjang S1, red), punya keistimewaan karena secara otomatis bisa mendaftar di LPDP sebelum masa dua tahun sejak tamat kuliah.

Dia mengingatkan, untuk menembus persyaratan LPDP

tidak hanya memiliki prestasi akademis tapi juga non-akademis. Itu karena yang dilihat juga adalah aspek kepemimpinan. kata Arif, sebaiknya calon pelamar harus aktif di organisasi maupun mengikuti kegiatan yang bersertifikat sebagai penunjangnya.
Dalam beasiswa LPDP terdapat juga beberapa jenis beasiswa seperti afirmasi dengan kategori Beasiswa Prasejahtera Berprestasi bagi pelamar yang memiliki orangtua dengan penghasilan di bawah Rp 3 juta sebulan. Ada juga beasiswa untuk difabel atau beasiswa bagi yang memiliki prestasi olahraga atau keagamaan (mengaji) tingkat nasional maupun internasional.
PicsArt_01-30-11.58.36.jpg
Beasiswa LPDP di media sosial. Foto: Instagram @lpdpri

Bagi yang punya dua prestasi terakhir, kata Arif, bahkan dapat memilih sendiri

kampus yang dituju. Selain punya ijazah S1 atau S2, syarat pendaftaran LPDP adalah memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS.
“Untuk tujuan studi dalam negeri persyaratan TOEFLT-ITP nya hanya skor 400-500, sedangkan IELTS untuk keluar negeri skornya 6,0” terang Arif.
Dia menegaskan, seleksi beasiswa LPDP dijamin jujur karena dilakukan secara online dan berbasis komputer.
“Jadi jangan berpikir anda harus menghubungi orang tertentu agar bisa lulus. No way, bahkan keponakan presiden sekalipun tidak akan lulus jika tidak mampu,” ujarnya.

 

Sumber :

https://www.belajarbahasainggrisku.id/